PESAN KAMPANYE ANTI-HOAX POLDA METRO JAYA DI INSTAGRAM DENGAN SIKAP BELA NEGARA (SURVEI TERHADAP FOLLOWERS AKUN INSTAGRAM @HUMAS.PMJ)

Novia Utami, - (2019) PESAN KAMPANYE ANTI-HOAX POLDA METRO JAYA DI INSTAGRAM DENGAN SIKAP BELA NEGARA (SURVEI TERHADAP FOLLOWERS AKUN INSTAGRAM @HUMAS.PMJ). Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (488kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (35kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (939kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (837kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (905kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (96kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (3MB)

Abstract

Hoax yang disebar setiap bulan meningkat. Selama periode Juli-September 2018 terdapat 230 hoax yang terklarifikasi sebagai disinformasi. Rinciannya, hoax pada bulan Juli 2018 sebanyak 65 konten, kemudian 79 konten pada Agustus 2018, dan meningkat menjadi 107 konten pada September 2018. Hoax dapat menyebabkan dekonstruksi konsep kebhinekaan sehingga dapat menimbulkan perpecahan bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur hubungan pesan kampanye anti- hoax Polda Metro Jaya di instagram dengan sikap bela negara yang menguji model kampanye Oostergard berdasarkan indikator materi pendukung, visualisasi pesan, isi negatif/positif pesan, pendekatan emosional, pendekatan rasa takut, kreativitas dan humor, pendekatan kelompok rujukan, sisi pesan, susunan penyajian dan pernyataan kesimpulan serta sikap bela negara yang diukur berdasarkan teori sikap dengan indikator kognitif, afektif dan konatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Survei terhadap 100 orang followers dengan teknik accidental sampling. Hasil uji korelasi menggunakan rho spearman memperoleh nilai sebesar 0,751 menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pesan kampanye anti-hoax Polda Metro Jaya di Instagram dengan sikap bela negara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: [No. Panggil: 1510411089] [Pembimbing Utama: Rini Riyantini] [Pembimbing Pendamping: Ahmad Zakki Abdullah]
Uncontrolled Keywords: Kampanye Anti-hoax, Sikap Bela Negara, Model Ostergaard.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Hidayah Husnul Khotimah
Date Deposited: 26 Nov 2019 06:30
Last Modified: 26 Nov 2019 06:30
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/3987

Actions (login required)

View Item View Item