Rendy Juan Amanda, . (2025) ANALISIS ORIENTASI POLITIK KONGLOMERAT MEDIA PADA PEMILIHAN PRESIDEN 2024: STUDI KASUS ANINDYA BAKRIE FOUNDER VIVA NETWORKS-BAKRIE GROUP. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (112kB) |
![]() |
Text
AWAL.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (293kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (273kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (9MB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (263kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (248kB) |
![]() |
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (261kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (6MB) |
![]() |
Text
PLAGIARISME.pdf Restricted to Repository staff only Download (21MB) |
![]() |
Text
ARTIKEL KI.pdf Restricted to Repository staff only Download (295kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana orientasi politik figure konglomerat media seperti Anindya Bakrie pada pilpres 2024 dapat telihat melalui kecenderungan berita di media miliknya. Dalam menganalisis kondisi tersebut, penulis menggunakan konsep orientasi politik dan teori konglomerasi media untuk mengetahui sejauh mana orientasi politik figure konglomerat media sepeti Anindya Bakrie dipengaruhi oleh berbagai faktor dan bukan hanya melalui kecenderungan pemberitaan di media miliknya. Metode yang digunakan penelitian ini adalah kualitatif dan jenis fenomenologi dengan menggunakan sumber data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan purposive sampling dan studi kepustakaan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data model interaktif dari Miles & Huberman yang terdiri dari tahapan yaitu, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian akhir dari penelitian ini menunjukkan bahwa orientasi politik Anindya Bakrie sebagai figur konglomerat media di pilpres 2024 secara spesifik mengarah kepada pasangan calon Prabowo-Gibran. Hal tersebut terjadi karena banyak faktor yang dapat membentuk orientasi politik Anindya Bakrie Seperti relasi politik, kepentingan bisnis, historical politics bakrie group. Selain itu, melalui nalisis penulis menunjukkan bahwa orientasi politik Anindya Bakrie tidak terlepas kaitannya dengan bisnis dan politik yang dapat terlihat melalui keselarasan visi misi Bakrie Group dengan program kerja Prabowo-Gibran di pilpres 2024. Adapun pembahasan mengenai transformasi strategi Anindya Bakrie sebagai figure konglomerat media yang dapat mempertegas orientasi politiknya pada pemilihan presiden 2024. Kata Kunci: Orientasi Politik, Konglomerat Media, Pilpres 2024, Bisnis dan Politik
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | [No. Panggil : 2010413103] [Penguji 1 : Ardli Johan Kusuma] [Penguji 2 : Anwar Ilmar] |
Uncontrolled Keywords: | Orientasi Politik, Konglomerat Media, Pilpres 2024, Bisnis dan Politik |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) J Political Science > JA Political science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Politik (S1) |
Depositing User: | RENDY JUAN AMANDA |
Date Deposited: | 25 Aug 2025 07:20 |
Last Modified: | 25 Aug 2025 07:20 |
URI: | http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/38424 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |