ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN RENCANA MARKETPLACE GURU DARI KEMENDIKBUDRISTEK DI MEDIA ONLINE KOMPAS.COM DAN LIPUTAN6.COM

Umar Avicena, . (2024) ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN RENCANA MARKETPLACE GURU DARI KEMENDIKBUDRISTEK DI MEDIA ONLINE KOMPAS.COM DAN LIPUTAN6.COM. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (357kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (694kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (560kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (574kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (934kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (417kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (390kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (355kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (3MB)
[img] Text
Hasil Plagiarisme.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26MB)
[img] Text
ARTIKEL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (939kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan studi tentang framing pemberitaan rencana marketplace guru yang diusulkan oleh Kemendikbudristek dalam media online Kompas.com dan Liputan6.com. Penelitian ini menggunakan teori framing sebagai kerangka teoretis untuk menganalisis bagaimana berita tersebut disusun dan dipresentasikan kepada publik. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis framing Robert N. Entman, yang meneliti struktur kalimat, proporsi narasumber, dan pembingkaian judul dalam berita melalui empat elemen. Data dikumpulkan melalui teknik dokumentasi dan observasi terhadap berbagai berita yang dipublikasikan selama periode puncak popularitas isu, yakni 28 Mei - 3 Juni 2023. Temuan penelitian menunjukkan adanya variasi dalam konotasi yang diberikan terhadap rencana marketplace guru, dengan Kompas.com cenderung memberikan perspektif yang lebih positif (60%), sedangkan Liputan6.com lebih netral dengan persentase 50% konotasi positif dan 50% negatif. Analisis ini memberikan pemahaman lebih mendalam tentang bagaimana media online mengkonstruksi dan menyajikan berita yang mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap kebijakan publik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: [No.Panggil: 2010411195] [Pembimbing: Dewanto Samodro] [Penguji 1: Azwar] [Penguji 2: Dede Suprayitno]
Uncontrolled Keywords: Framing, Rencana marketplace guru, Kompas.com, Liputan6.com
Subjects: L Education > L Education (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi (S1)
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: UMAR AVICENA
Date Deposited: 23 Sep 2024 02:22
Last Modified: 23 Sep 2024 02:22
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/32915

Actions (login required)

View Item View Item