KREDIBILITAS PEMBERITAAN MEDIA GENERASI KE-3 (Analisis Isi Konten Media Sosial @Jktinfo Periode Bulan September 2018)

Rina Rojanah Putri, - (2019) KREDIBILITAS PEMBERITAAN MEDIA GENERASI KE-3 (Analisis Isi Konten Media Sosial @Jktinfo Periode Bulan September 2018). Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (288kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (970kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (193kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (938kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sejauh mana kredibilitas media sosial instagram @jktinfo dalam melakukan kegiatan jurnalistiknya. Penulis menganalisis isi atau konten dari akun media sosial Instagram @jktinfo dengan rumusan masalah penelitian yaitu seberapa besar kredibilitas media sosial @jktinfo dari dimensi Akurasi, Kelengkapan Berita, Bias, dan Dapat Dipercaya. Penelitian ini menggunakan Konsep Multidimensional Kredibilitas Flanagin dan Metzger karena konsep tersebut menyajikan dimensi yang paling konsisten dan banyak digunakan untuk mengukur kredibilitas media yaitu dimensi akurasi, kelengkapan berita, bias, dan dapat dipercaya. Metodologi penelitian ini adalah analisis isi deskriptif kuantitatif dengan Formula Holsti untuk pengujian reliabilitas antar coder. Dalam prosesnya, formula tersebut membutuhkan dua coder yang penulis tetapkan adalah seorang akademisi dan praktisi jurnalistik. Adapun coder pertama yaitu Vinta Sevilla, S.IIP, M.Ikom., dan coder kedua yaitu Anastasia Venti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media sosial khususnya instagram @jktinfo memiliki kredibilitas dari dimensi akurasi (kesesuaian isi atau keterangan dengan foto/video pada tingkat sesuai, dan kesesuaian ejaan, tanda baca pada tingkat cukup sesuai), dari dimensi bias (tidak menggiring opini, dan penyampaian berita sesuai dengan fakta kejadian pada tingkat cukup sesuai), dari dimensi dapat dipercaya (menyebutkan narasumber pada tingkat cukup sering, dan berita disajikan secara objektif). Lalu, kurang memiliki kredibilitas dari dimensi kelengkapan berita karena hanya memenuhi unsur berita What, Where, dan tidak memenuhi unsur berita Who, When, Why, dan How. Kesimpulan dan saran penelitian ini adalah media sosial @jktinfo memiliki kredibilitas dalam pemberitaannya, namun harus ditingkatkan lagi terutama pada dimensi kelengkapan berita.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: [No. Panggil: 1510411118] [Pembimbing Utama: Siti Maryam] [Pembimbing Pendamping: Azwar]
Uncontrolled Keywords: Kredibilitas Media, Media Generasi Ke-3, Analisis Isi.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Hidayah Husnul Khotimah
Date Deposited: 28 Nov 2019 01:52
Last Modified: 28 Nov 2019 01:52
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/3976

Actions (login required)

View Item View Item