PENGARUH MOTIF PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @JKTGO SEBAGAI CITY GUIDE JABODETABEK TERHADAP KEPUASAN FOLLOWERS

Gabriella Hellena, . (2025) PENGARUH MOTIF PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @JKTGO SEBAGAI CITY GUIDE JABODETABEK TERHADAP KEPUASAN FOLLOWERS. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (178kB)
[img] Text
AWAL .pdf

Download (761kB)
[img] Text
BAB I .pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (324kB)
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (376kB)
[img] Text
BAB III .pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (377kB)
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (610kB)
[img] Text
BAB V .pdf

Download (210kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (146kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP .pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (115kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
HASIL PLAGIARISME .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51MB)
[img] Text
ARTIKEL KI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)

Abstract

Media sosial telah berkembang menjadi salah satu sumber informasi yang paling populer dan penting di era digital pada saat ini. Kehadirannya memungkinkan masyarakat untuk mencari berbagai kebutuhan informasi. Salah satu platform yang paling banyak diakses oleh masyarakat yaitu Instagram, yang menawarkan kemudahan dalam berbagi konten visual dan menarik minat banyak pengguna. Adapun akun yang cukup populer yaitu akun @jktgo yang dikenal luas sebagai City Guide di wilayah Jabodetabek. Urgensi penelitian ini adalah untuk memahami apakah motif-motif tertentu dalam aspek informasi, identitas pribadi, interaksi sosial, dan hiburan dapat mempengaruhi kepuasan mereka. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini untuk mengetahui motif penggunaan media sosial Instagram @jktgo apakah dapat memengaruhi kepuasan followers. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uses and Gratification. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan teknik purposive sampling dengan total 100 responden. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner secara online. Analisis data dilakukan dengan uji statistik deskriptif dan inferensial seperti uji validitas, reliabilitas, normalitas, korelasi, regresi, koefisien determinasi, uji hipotesis atau uji t. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara motif penggunaan media sosial terhadap kepuasan followers karena memperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung memperoleh angka sebesar t hitung 11,579 > 1,984 (t tabel) yang artinya H1 diterima dan H0 ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah semakin tinggi motif yang dimiliki followers, maka semakin tinggi pula kepuasan yang diperoleh setelah mengakses akun @jktgo. Penelitian ini nantinya diharapkan bisa memberikan kontribusi teoritis bagi pengembangan teori Uses and Gratification, serta menjadi masukan praktis bagi pemilik akun ataupun pengelola akun City Guide dalam memahami kebutuhan maupun kepuasan followers.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: [No. Panggil : 2010411038] [Pembimbing: Siti Maryam] [Penguji 1 : Uljanatunnisa] [Penguji 2: Putrawan Yuliandri]
Uncontrolled Keywords: Instagram, Jktgo, Media usage motives, Follower satisfaction, Uses and Gratification
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi (S1)
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: GABRIELLA HELLENA
Date Deposited: 26 Aug 2025 01:51
Last Modified: 26 Aug 2025 01:51
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/39225

Actions (login required)

View Item View Item