PERBANDINGAN TINGKAT KEPUASAN AUDIENS PENGGUNA MEDIA CETAK DAN ONLINE PADA MEDIA KORAN TEMPO DAN PORTAL BERITA TEMPO.CO (Studi pada pengguna media Tempo di Komplek Angkasa Halim Perdana Kusuma RW 09 Jakarta Timur)

Raka Dwi Novianto, - (2017) PERBANDINGAN TINGKAT KEPUASAN AUDIENS PENGGUNA MEDIA CETAK DAN ONLINE PADA MEDIA KORAN TEMPO DAN PORTAL BERITA TEMPO.CO (Studi pada pengguna media Tempo di Komplek Angkasa Halim Perdana Kusuma RW 09 Jakarta Timur). Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (841kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (155kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (903kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (849kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (794kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (82kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang, perkembangan informasi yang berjalan begitu cepat membuat manusia semakin ingin tahu keadaan sekitarnya. Media massa menyajikan berbagai macam tayangan, tulisan, maupun siaran yang beraneka ragam. Khalayak akan memilih tayangan, tulisan, atau siaran yang sesuai dengan kebutuhannya. Proses selektifitas khalayak ini membentuk kepuasan yang diharapkan atau diinginkan (Gratification Sought) dan setelah itu akan muncul kepuasan yang diperoleh secara nyata setelah mengkonsumsi media (Gratification Obtained). Tujuan penelitian untuk mengetahui adanya perbandingan tingkat kepuasan audiens pengguna media cetak dan media online antara media koran Tempo dan portal berita Tempo.co pada pengguna media Tempo di Komplek Angkasa Halim Perdana Kusuma RW 09 Jakarta Timur. Jenis penelitian, penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksplanatif yang membandingkan nilai harapan (Gratification Sought) dan nilai presepsi kepuasan konsumen (Gratification Obtained) antara koran Tempo dan Tempo.co untuk memperoleh tingkat kepuasan. Pengujian menggunakan perbandingan nilai mean dengan uji paired t-test. Setelah itu menggunakan uji independent t-test untuk menyimpulkan perbandingan kepuasan penggunaan koran Tempo dan portal berita Tempo.co. Hasil penelitian pengujian paired t-test menunjukan bahwa pada pengujian dari motif identitas personal tidak memiliki perbedaan tingkat kepuasan yang signifikan, sedangkan pengujian pada motif informasi, integrasi dan interaksi sosial serta motif hiburan terdapat perbedaan tingkat kepuasan yang sigifikan antara koran Tempo dan Tempo.co . Hasil pengujian dengan menggunakan independent t-test menyatakan bahwa koran Tempo lebih memuaskan daripada Tempo.co. Secara keseluruhan, Tempo.co tidak dapat memenuhi kebutuhan aspek informasi, identitas personal, integrasi dan interaksi sosial dan kepuasan hiburan. Koran Tempo mampu memenuhi semua aspek yang membuat responden sangat puas. Kesimpulan pada penelitian adanya perbandingan tingkat kepuasan audiens pengguna media cetak dan media online antara media koran Tempo dan portal berita Tempo.co pada pengguna media Tempo di Komplek Angkasa Halim Perdana Kusuma RW 09 Jakarta Timur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: [No. Panggil: 1310411194] [Ketua Penguji: Masayu S Hanim] [Penguji I: Supratman] [Penguji II (Pembimbing): Damayanti]
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Media, Tingkat Kepuasan, media cetak, media online, Gratification Sought, Gratification Obtained
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Hidayah Husnul Khotimah
Date Deposited: 19 Nov 2019 02:17
Last Modified: 19 Nov 2019 02:17
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/2503

Actions (login required)

View Item View Item