REPRESENTASI BUDAYA JAWA DALAM VIDEO COMPANY PROFILE GARUDA INDONESIA (Studi Semiotika Roland Barthes)

Rizki Radifan Julistyo, - (2019) REPRESENTASI BUDAYA JAWA DALAM VIDEO COMPANY PROFILE GARUDA INDONESIA (Studi Semiotika Roland Barthes). Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (544kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (7MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (505kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (531kB)

Abstract

Fenomena pertukaran budaya pada era informasi membuat budaya lokal perlahan tergerus oleh budaya global, sehingga muncul seruan dari Menteri Sosial kepada semua pihak untuk menggaungkan budaya lokal. Dalam hal ini, Garuda Indonesia memiliki peran sebagai ambasador Indonesia dalam dunia penerbangan untuk mempromosikan budaya lokal melalui video company profile. Namun peneliti melihat dominasi budaya Jawa dalam video ini, sehingga peneliti tertarik untuk meneliti video company profile Garuda Indonesia dengan tujuan memaknai representasi Jawa Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan konstruktivis dengan teknik penelitian observasi melalui artikel berita / jurnal terkait representasi budaya dari temuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan pemaknaan denotasi dalam video terdiri dari 3 konten utama, dengan 5 orang pramugari sebagai subjek video, kemudian pemaknaan konotasi / pesan video bahwa Garuda Indonesia akan memberikan pelayanan terdepan khas Indonesia, serta adanya 5 representasi budaya Jawa dalam video company profile Garuda Indonesia yang menimbulkan mitos Jawasentrisme pada video company profile Garuda Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: [No. Panggil: 1510411013] [Pembimbing Utama: Ilona Vicenovie Oisina Situmeang] [Pembimbing Pendamping: Anjang Priliantini]
Uncontrolled Keywords: Semiotika, Roland Barthes, Video, Company Profile, Garuda Indonesia
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Hidayah Husnul Khotimah
Date Deposited: 28 Nov 2019 06:24
Last Modified: 28 Nov 2019 06:24
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/4254

Actions (login required)

View Item View Item