STUDI FENOMENOLOGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI REMAJA TUNA RUNGU DI SLB NEGERI 4 JAKARTA

Febri Prapaskah Rino, - (2019) STUDI FENOMENOLOGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI REMAJA TUNA RUNGU DI SLB NEGERI 4 JAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (154kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (968kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (959kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (859kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (870kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (502kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian berjudul Studi Fenomenologi Komunikasi Interpersonal Guru dalam Meningkatkan Motivasi Berprestasi Remaja Tuna Rungu di SLB Negeri 4 Jakarta bertujuan untuk memberikan gambaran pengalaman pribadi komunikasi interpersonal seorang guru dalam meningkatkan motivasi berprestasi remaja tuna rungu di SLB Negeri 4 Jakarta. Adapun yang menjadi latar belakang penelitian ini karena remaja tuna rungu mempunyai kebutuhan yang cukup tinggi akan kebebasan (Need of autonomy), ketergantungan (need of succorance), perhatian dan dukungan (need of exhibition). Sedangkan kebutuhan yang kurang atau terhambat pemenuhannya ialah kebutuhan untuk berprestasi (need of achievement). Pertanyaan penelitian dalam penelitian ini adalah bagaimana komunikasi interpersonal guru dalam meningkatkan motivasi berprestasi remaja tuna rungu ditinjau dari pendekatan humanistis, perspektif interaksi simbolik, dan pendekatan perilaku nonverbal. Teori dan konsep penelitian yang digunakan adalah Teori Interaksi Simbolik, dan, Pendekatan Humanistis, serta konsep perilaku nonverbal. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis kualitatif dengan pendekatan fenomenologi komunikasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi teori yaitu dengan menguji keabsahan data mengunakan beberapa perspektif, teori maupun pendekatan dalam membahas komunikasi interpersonal guru dalam meningkatkan motivasi berprestasi remaja tuna rungu di SLB Negeri 4 Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan pengalaman komunikasi interpersonal guru dalam meningkatkan motivasi berprestasi remaja tuna rungu memfokuskan pada pendekatan humanistis seperti adanya keterampilan membangun dan menjaga relasi yang hangat, mengajarkan kepercayaan, keterbukaan, kesadaran, memahami perasaan, kejujuran interpersonal, dan kesetaraan. Menitikberatkan pada perspektif interaksi simbolik seperti menanamkan kemampuan berpikir dalam menyelesaikan permasalahan, menerapkan konsep diri yang berkualitas, dan melibatkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan berinteraksi dan mengedepankan pentingya perilaku nonverbal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: [No. Panggil: 1510411086] [Penguji I: Kusumajanti] [Penguji II: Aan Setiadarma] [Pembimbing: Siti Maryam]
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interpersonal, Motivasi Berprestasi, Remaja, Tuna Rungu
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Hidayah Husnul Khotimah
Date Deposited: 26 Nov 2019 04:08
Last Modified: 26 Nov 2019 04:08
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/3992

Actions (login required)

View Item View Item