TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PELAYANAN JASA ANGKUTAN LAUT PT. ANGKUTAN SUNGAI DANAU DAN PENYEBRANGAN INDONESIA DI PELABUHAN MERAK BANTENDITINJAU DARI UU NO.8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN

Yoga Puspha Sunyoto, - (2015) TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PELAYANAN JASA ANGKUTAN LAUT PT. ANGKUTAN SUNGAI DANAU DAN PENYEBRANGAN INDONESIA DI PELABUHAN MERAK BANTENDITINJAU DARI UU NO.8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (210kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (900kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (946kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (26kB)

Abstract

Perkembangan angkutan laut penumpang kurang diimbangi adanya jaminan terhadap konsumen pemakai jasa angkutan laut penumpang. Walaupun angkutan laut penumpang sudah berkembang lama di Indonesia, tetapi perlindungan terhadap konsumen belum dapat diwujudkan sebagaimana mestinya. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian tentang sistem perlindungan konsumen yang memberikan insentif kepada kedua belah pihak dan tanpa adanya pihak-pihak yang merasa dirugikan. Penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara hukum, perlindungan konsumen jasa angkutan laut penumpang sudah ada, tetapi dalam implementasinya masih belum dapat dilaksanakan sepenuhnya. Kinerja pelayanan angkutan laut penumpang dalam melindungi jasa konsumen sudah berjalan cukup baik, karena beberapa standar layanan untuk penumpang kapal sudah terpenuhi. Beberapa standar pelayanan yang belum terpenuhi diantaranya masih adanya calo tiket, kurang terjaga kebersihan di terminal penumpang, masih bercampurnya penumpang dan penjemput/pengantar, belum adanya jalur khusus dari terminal ke kapal dan alat-alat keselamatan di atas kapal belum memadai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: [No. Panggil: 1210611096] [Ketua Penguji: Dwi Aryanti Ramadhani] [Anggota I: Khoirur Rizal Lutfi] [Anggota II: Andriyanto Adhi Nugroho]
Uncontrolled Keywords: Perlindungan konsumen, Angkutan laut penumpang.
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum > Program Studi Hukum (S1)
Depositing User: Zahra Nasution
Date Deposited: 27 Nov 2019 03:15
Last Modified: 27 Nov 2019 03:15
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/3509

Actions (login required)

View Item View Item