STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS UMKM MINUMAN HERBAL DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM DI DEPOK

Ahmad Ruslan, . (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS UMKM MINUMAN HERBAL DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM DI DEPOK. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (223kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (332kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (524kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (349kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (456kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (670kB)
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (269kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (240kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (242kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
HASIL PLAGIARISME.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)
[img] Text
ARTIKEL KI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)

Abstract

Seiring berjalannya waktu, kesadaran masyarakat Indonesia terhadap kesehatan meningkat, menjadikan minuman herbal sebagai alternatif gaya hidup sehat. Namun, pelaku UMKM menghadapi persaingan ketat dengan minuman lain yang populer. Penelitian ini bertujuan menganalisis strategi pengembangan bisnis UMKM minuman herbal lidah buaya di Pengasinan, Depok, untuk merumuskan strategi yang efektif dan sesuai dengan etika bisnis Islam. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan pendekatan analisis SWOT disertai Business Model Canvas (BMC). Penelitian ini menunjukkan bahwa Herbavera berada di kuadran II pada kuadran SWOT, menunjukkan ancaman eksternal tetapi dengan kekuatan internal yang signifikan. Di kuadran I pada matriks IE, Herbavera berada dalam posisi grow and build, sehingga strategi pertumbuhan seperti peningkatan produksi, perluasan pasar, dan inovasi berkelanjutan menjadi fokus. Business Model Canvas (BMC) digunakan untuk memperkuat aktivitas bisnis, mengoptimalkan distribusi melalui media sosial dan e-commerce, serta menargetkan konsumen yang sadar akan gaya hidup sehat dan produk halal. Strategi ini selaras dengan prinsip Etika Bisnis Islam, mendorong Herbavera membangun usaha yang berkelanjutan dan adil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: [No.Panggil: 2110116005] [Pembimbing: Tati Handayani] [Penguji 1: Prima Dwi Priyatno] [Penguji 2: Lili Puspita Sari]
Uncontrolled Keywords: business model canvas, herbal drinks, islamic business ethics, SWOT analysis
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Program Studi Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: AHMAD RUSLAN
Date Deposited: 17 Feb 2025 07:35
Last Modified: 17 Feb 2025 07:35
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/35018

Actions (login required)

View Item View Item