ANALISIS HASIL PERBAIKAN KELURUSAN MAIN ENGINE TERHADAP GERA BOX TERHADAP KAPAL TB. OSCO GUNA

Rahmat Soleh, - (2014) ANALISIS HASIL PERBAIKAN KELURUSAN MAIN ENGINE TERHADAP GERA BOX TERHADAP KAPAL TB. OSCO GUNA. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (540kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (498kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (853kB)

Abstract

Sistem instalasi penggerak kapal merupakan komponen yang paling penting dalam pengoperasian kapal. Main engine adalah sebagai tenaga penggerak utama yang berfungsi untuk mengubah tenaga mekanik menjadi tenaga pendorong bagi propeller kapal agar kapal dapat bergerak, dimana dalam pengoperasiannya main engine selalu dalam kondisi running secara terus menerus. Hal ini tentunya akan mempengaruhi kondisi mesin. Instalasi penggerak kapal (sistem transmisi) pada kapal TB.OSCO GUNA yang akan kami bahas disini merupakan jenis atau tipe terpisah antara main engine dengan gear box. Yang perlu diketahui adalah bahwa kedudukan main engine dengan gear box adalah harus segaris (Alignment) atau dengan kata lain harus dalam satu garis sumbu. Jika terjadi ketidak lurusan antara main engine dan gear box maka perlu dilakukan perbaikan. Perbaikan yang dilakukan adalah pada kedudukan atau posisi main engine. Untuk proses perbaikannya adalah melakukan perubahan posisi ataupun kedudukan main engine dari pondasi dengan meluruskan dan mensejajarkan (alignment) antara coupling main engine dengan coupling gear box. Penulis mencoba mencari nilai atau hasil pada perbaikan kelurusan main engine terhadap gear box lalu membandingkannya ataupun dianalisa manakah yang lebih baik dan dapat digunakan. Adapun metode yang digunakan dan langkah-langkah apa saja yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kelurusan main engine terhadap gear box akan dibahas pada bab pembahasan secara mendetail.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: [No. Panggil: 1010317007] [Penguji 1: Bambang Sudjasta] [Penguji 2: Purwojoko Suranto] [Penguji 3: Wiwin Sulistyawati]
Uncontrolled Keywords: Alignment, Main Engine, Gear Box.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Perkapalan (S1)
Depositing User: Muchamad Reza Pahlawan
Date Deposited: 26 Nov 2019 07:33
Last Modified: 26 Nov 2019 07:33
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/3372

Actions (login required)

View Item View Item