FAKTOR–FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU PERAWAT DALAM MENGEDUKASI PASIEN DAN KELUARGA PADA RUANG RAWAT INAP RSUD RADEN MATTAHER JAMBI TAHUN 2018

Natasya Rosselini, - (2018) FAKTOR–FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU PERAWAT DALAM MENGEDUKASI PASIEN DAN KELUARGA PADA RUANG RAWAT INAP RSUD RADEN MATTAHER JAMBI TAHUN 2018. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (156kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (255kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)

Abstract

Pemberian edukasi oleh perawat pada pasien dan keluarga selama dan pasca hospitalisasi merupakan tindakan penting untuk mencegah relaps yang menyebabkan pasien harus kembali dirawat inap setelah keluar dari rumah sakit. Edukasi pasien dan keluarga selaras dengan salah satu program akreditasi nasional rumah sakit, yaitu manajemen komunikasi dan edukasi. Penelitian ini dilakukan di RSUD Raden Mattaher Jambi yang bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku perawat dalam mengedukasi pasien dan keluarga di ruang rawat inap RSUD Raden Mattaher Jambi. Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional. Sampel berjumlah 81 perawat di bagian rawat inap yang diambil dengan teknik stratified randam sampling. Pengambilan data melalui pengisian kuesioner yang telah diuji validitas dan realibilitas. Variabel bebas terdiri dari pengetahuan, lama kerja, usia, pendidikan. Penelitian dianalisis secara univariat, bivariat, dan multivariat menggunakan uji chi-square dan regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan proporsi perawat yang berperilaku baik dalam mengedukasi pasien dan keluarga sebesar 76,5%, berpengetahuan baik sebesar 53,1%, berpendidikan Ners sebesar 51,9%, lama kerja >5 tahun 53,1%, berusia dewasa awal dan akhir 39,5%, dan berjenis kelamin perempuan sebesar 100%. Ada hubungan antara perilaku perawat dengan pengetahuan (p=0,001, OR=6,359, CI=1,882-21,481), usia (p=0,002, OR=0,118, CI=0,025-0,553), lama kerja (p=0,000, OR=0,056, CI=0,012-0,266) dan pendidikan (p=0,000, OR=0,103, CI=0,27-0,469). Kesimpulan berdasarkan analisis multivariat, pengetahuan (p=0,007) merupakan faktor yang paling dominan. Ini menunjukkan bahwa pengetahuan merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap perilaku perawat dalam memberi edukasi kepada pasien dan keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: [No. Panggil: 1410211162] [Ketua Penguji: Nunuk Nugrohowati] [Pembimbing I: Gatot Soeryo Koesomo] [Pembimbing II: Yanti Harjono]
Uncontrolled Keywords: Edukasi Pasien dan Keluarga, Karakteristik, Pengetahuan, Perilaku
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Program Studi Kedokteran (S1)
Depositing User: M. Suyudi Alrajak
Date Deposited: 30 Nov 2019 04:14
Last Modified: 30 Nov 2019 04:14
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/5564

Actions (login required)

View Item View Item