KONTEN PESAN VICE INDONESIA SERI “THE PLEDGE” DI YOUTUBE DAN PERILAKU RAMAH LINGKUNGAN (Survei Pada Followers Instagram @viceind

Bagus Eka Efriawan, - (2019) KONTEN PESAN VICE INDONESIA SERI “THE PLEDGE” DI YOUTUBE DAN PERILAKU RAMAH LINGKUNGAN (Survei Pada Followers Instagram @viceind. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (501kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (191kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (946kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (873kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (843kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (78kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan data dari Asosiasi Industri Plastik Indonesia dan Badan Pusat Statistik, sampah plastik di Indonesia mencapai 64 juta ton pertahun dimana sebanyak 3,2 juta ton merupakan sampah plastik yang dibuang ke laut. Melihat semakin tingginya jumlah sampah yang dihasilkan oleh Indonesia, terutama sampah plastik telah menjadi permasalahan lingkungan hidup yang dihadapi oleh masyarakat Indonesia maupun dunia. Hal tersebut pun mendorong media digital VICE Indonesia membuat konten tentang sampah plastik yang berjudul “The Pledge”. Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar pengaruh konten pesan VICE Indonesia seri “The Pledge” di Youtube terhadap perilaku ramah lingkungan. Teori yang digunakan adalah teori S-O-R (Stimulus, Organism, dan Respon). Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian Kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif. Penelitian ini menggunakan kueisoner untuk pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya pengaruh dari konten pesan VICE Indonesia seri “The Pledge” di Youtube terhadap perilaku ramah lingkungan yang berdasarkan dari uji hipotesis dengan hasil t hitung 3,580 > 1,660 t tabel. Koefisien determinasi menunjukan besarnya pengaruh yaitu 11,6% perilaku ramah lingkungan adalah kontribusi dari konten pesan VICE Indonesia seri “The Pledge”. Maka dapat diartikan bahwa adanya pengaruh konten pesan VICE Indonesia seri “The Pledge” di Youtube terhadap perilaku ramah lingkungan. Karena beberapa faktor yang diantaranya makna pesan, audio visual, dan ilustrasi yang disajikan bersifat informatif, persuasif, serta berkualitas baik. VICE Indonesia sebagai media yang terus berkecimpung di dunia digital seperti media sosial diharapkan selalu memberikan konten yang positif dan bermanfaat sekaligus mengedukasi masyarakat, terutama tentang perilaku ramah lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: [No. Panggil: 1510411069] [Pembimbing Utama: Rini Riyantini] [Pembimbing Pendamping: Ahmad Zakki Abdullah]
Uncontrolled Keywords: Konten Pesan, Youtube, Perilaku, Perilaku Ramah Lingkungan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Hidayah Husnul Khotimah
Date Deposited: 26 Nov 2019 04:20
Last Modified: 26 Nov 2019 04:20
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/3999

Actions (login required)

View Item View Item