REPRESENTASI PROGRAM ACARA VARIETY SHOW DALAM SERIAL DRAMA “THE PRODUCERS” (Analisis Semiotika Roland Barthes Program Acara Variety Show “2 Days, 1 Night”)

Cahya Rana Pertiwi, - (2018) REPRESENTASI PROGRAM ACARA VARIETY SHOW DALAM SERIAL DRAMA “THE PRODUCERS” (Analisis Semiotika Roland Barthes Program Acara Variety Show “2 Days, 1 Night”). Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (381kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (958kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (295kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bagaimana representasi keseluruhan bagian dari program acara variety show mulai dari persiapan pra produksi, penentuan konten program acara, peran produser dalam tim, peran masing – masing divisi tim produksi, proses shooting, editing, pembuatan preview, hingga program acara variety show siap ditayangkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menggambarkan seluruh bagian program acara variety show 2 Days 1 Night yang ditampilkan dalam serial drama The Producers. Serial drama The Producers terdiri dari 12 episode dengan durasi setiap episode kurang lebih 80 menit dan terdapat 30 scenes yang merepresentasikan program acara variety show 2 Days 1 Night dalam serial drama ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif analisis semiotika model Roland Barthes yakni menghadirkan kembali scenes terpilih dengan memberikan makna denotatif, makna konotatif, serta mitos pada setiap adegannya. Penelitian ini mengambil adegan para pemain yang terlibat dalam seluruh bagian program acara variety show 2 Days 1 Night. Hasil penelitian ini menemukan bahwa setiap program acara televisi akan selalu dihadapkan dengan masalah persaingan rating, dimana setiap program acara harus memiliki konten sesuai dengan pasarnya, bagaimana cara mencari konten program acara yang digemari oleh penonton di negara tersebut, peran seorang produser, membuat editing yang menarik, penambahan caption (keterangan) pada setiap adegan yang menarik dan lucu, membuat edisi special episode di hari – hari tertentu, dan proses produksinya. Peneliti juga menemukan bahwa peran seorang produser sangat penting dalam sebuah program acara televisi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: [No. Panggil: 1410411049] [Pembimbing Utama: Damayanti] [Pembimbing Pendamping: Firdaus Noor]
Uncontrolled Keywords: Semiotika, Serial Drama, Televisi, Variety Show.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Hidayah Husnul Khotimah
Date Deposited: 26 Nov 2019 02:52
Last Modified: 26 Nov 2019 02:52
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/2889

Actions (login required)

View Item View Item