Bayu Aziz Purnama Santoso, - (2018) REPRESENTASI NASIONALISME IKLAN MATAHARI DEPARTMENT STORE EDISI CHINESE NEW YEAR (Studi Kajian Semiotika Roland Barthes). Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.
Text
AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (201kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (1MB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (872kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (2MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (927kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (993kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (159kB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji terhadap iklan Matahari Department Store edisi “Chinese New Year” yang ditayangkan di Youtube. Di saat iklan komersil lainya berlomba-lomba menonjolkan produk dalam tayangan iklannya, iklan Matahari Store justru sebaliknya. Menariknya, iklan ini terlihat sedang tidak mempromosikan produk layanan jasanya. Iklan yang ditujukan untuk segala usia ini ditampilkan dalam penyampaian yang sederhana, dengan segala permasalahan sosial yang umumnya terjadi di tengah kehidupan masyarakat. Pada penelitian ini penulis meneliti bagaimana representasi Nasionalisme yang terdapat dalam iklan tersebut. Nasionalisme merupakan suatu paham yang mengutamakan persatuan dan kebebasan bangsa. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis semiotika Rolland Barthes. Objek dalam penelitian ini adalah tanda yang merepresentasikan nasionalisme dalam iklan Matahari Department Store edisi Chinese New Year di Youtube. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa Representasi Nasionalisme yang ada pada iklan Matahari Department Store edisi Chinese New Year berkaitan dengan sikap saling menghargai, menghormati dan/atau bertoleransi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | [No. Panggil: 1340411205] [Pembimbing Utama: Supratman] [Pembimbing Pendamping: Firdaus Noor] |
Uncontrolled Keywords: | Semiotika, Representasi, Nasionalisme, Iklan, Rolland Barthes |
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi (S1) |
Depositing User: | Hidayah Husnul Khotimah |
Date Deposited: | 25 Nov 2019 03:39 |
Last Modified: | 25 Nov 2019 03:39 |
URI: | http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/2600 |
Actions (login required)
View Item |