REPRESENTASI KONSEP TOLERANSI IKLAN MATAHARI: “PERBEDAAN BUKAN HALANGAN UNTUK SALING MENJAGA” (Analisis Semiotika John Fiske)

Fatin Fadilla Andriani, - (2019) REPRESENTASI KONSEP TOLERANSI IKLAN MATAHARI: “PERBEDAAN BUKAN HALANGAN UNTUK SALING MENJAGA” (Analisis Semiotika John Fiske). Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (787kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (178kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (998kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (807kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (783kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (997kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (17kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)

Abstract

Penerapan toleransi di masyarakat yang masih rendah membuat banyaknya konflik dan perselisihan. Perlu adanya pengingat serta pemberi informasi tentang pemahaman konsep toleransi agar penerapannya dapat dilakukan oleh masyarakat di Indonesia yang memiliki keragaman suku, ras, agama, dan budaya. Masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Islam tinggal berdampingan dengan masyarakat yang beragama Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, dan Kong Hu Cu sehingga harus saling bertoleransi khususnya saat menjalankan ibadah. Iklan Matahari Perbedaan Bukan Halangan untuk Saling Menjaga merupakan iklan yang ditayangkan saat umat islam menjalankan ibadah puasa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis representasi konsep toleransi yang terdapat dalam iklan tersebut dengan menggunakan analisis semiotika John Fiske yang menganalisis tiga level yaitu Level Realitas, Representasi, dan Ideologi. Analisis dilakukan dengan mengelompokkan scene pada iklan sesuai dengan level analisis. Penelitian ini mendapatkan hasil realitas yang digambarkan sesuai dengan realitas yang terjadi saat Ramadhan serta dapat merepresentasikan konsep toleransi yang ada. Kode- kode ideologis yang ada dalam iklan tersebut berkaitan dengan ideologi dalam masyarakat yaitu Ideologi Pancasila. Kesimpulan dari penelitian ini adalah iklan dapat merepresentasikan konsep toleransi yang terdapat dalam masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: [No. Panggil: 1510411076] [Pembimbing Utama: Antar Venus] [Pembimbing Pendamping: Ahmad Zakki A]
Uncontrolled Keywords: Representasi, Konsep Toleransi, Semiotika John Fiske
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Hidayah Husnul Khotimah
Date Deposited: 23 Nov 2019 02:15
Last Modified: 23 Nov 2019 02:15
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/2160

Actions (login required)

View Item View Item