ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES PADA IKLAN ELEVENIA VERSI “RAISA KETEMU PREMAN”

Rizka, - (2017) ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES PADA IKLAN ELEVENIA VERSI “RAISA KETEMU PREMAN”. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (275kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (888kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (260kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (2MB)

Abstract

Pesatnya kemajuan teknologi informasi saat ini khususnya dalam bidang internet telah dimanfaatkan sebagai tempat jual beli. Pada dunia bisnis sudah banyak bermunculan situs-situs penjualan secara online atau berbasis web. Elevenia merupakan salah satu situs jual beli online di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui makna pesan yang terdapat pada iklan Elevenia versi “Raisa ketemu preman”. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dalam bentuk deskriptif. Penulis menjadikan iklan elevenia versi “Raisa ketemu preman” sebagai objek penelitian kemudian analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis semiotika Roland Barthes berdasarkan makna denotasi, konotasi dan mitos. Makna denotasi dilihat dari sebuah perilaku yang terdapat pada iklan tersebut serta dan Raisa sebagai sosok wanita cantik yang akan bertemu dengan seorang preman. Makna konotasi berupa perilaku seorang preman yang kesal, marah, sedih hingga menangis karena memiliki suatu masalah yang sedang dihadapi yaitu ingin membeli alat catok rambut tetapi harganya mahal dan Raisa bertemu dengan si preman tersebut untuk memberikan solusi dengan menyuruh si preman menggunakan elevenia yang dapat membuat ia kembali merasa senang. Mitos yang berkembang di masyarakat di dalam iklan ini terjadi sesuatu yang bertolak belakang yaitu si preman malah terlihat cengeng serta lemah, dan sosok wanita cantik yang tidak takut bertemu dengan seorang preman. Makna pesan yang terdapat dalam iklan elevenia adalah ada 3 langkah mudah belanja di elevenia dengan “Klik Cari Hepi”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: [No. Panggil: 1310411089] [Ketua Penguji: Aan Setiadarma] [Penguji I : Anter Ventus] [Penguji II: Kusumajanti]
Uncontrolled Keywords: Iklan, Semiotika, Elevenia, Pesan, “Klik Cari Hepi”
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Luqman Imam
Date Deposited: 14 Nov 2019 08:42
Last Modified: 14 Nov 2019 08:42
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/1380

Actions (login required)

View Item View Item