PERBEDAAN PENGGUNAAN MEDIA PENDIDIKAN TERHADAP PENGETAHUAN DAN KEBIASAAN SARAPAN PADA REMAJA DALAM SARAPAN DI SMP KOTA DEPOK

Fajar Suci Wulandari, - (2015) PERBEDAAN PENGGUNAAN MEDIA PENDIDIKAN TERHADAP PENGETAHUAN DAN KEBIASAAN SARAPAN PADA REMAJA DALAM SARAPAN DI SMP KOTA DEPOK. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (7MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (172kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (919kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (992kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (166kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (429kB)

Abstract

Sarapan adalah kegiatan makan dan minum sebelum pukul jam 09.00 WIB untuk memenuhi sebagian kebutuhan gizi harian sebagai pilar gizi seimbang dalam mewujudkan hidup sehat, aktif, dan cerdas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan penggunaan media pendidikan terhadap pengetahuan dan kebiasaan pada remaja dalam sarapan di SMP Kota Depok. Desain pada penelitian ini adalah quasi eksperimental. Subjek penelitian adalah anak sekolah menengah pertama berjumlah 106 responden dari tiga sekolah di Kota Depok dengan menggunakan purposive sampling. Media yang digunakan dalam intervensi adalah power point, power point dan leaflet, dan power point dan komik. Hasil analisis ragam menunjukkan bahwa jenis media pendidikan berpengaruh terhadap skor pengetahuan dan kebiasaan sarapan. Media power point dan komik mempunyai skor pengetahuan tertinggi sebelum intervensi yaitu 39.94 dan setelah intervensi 42.03. Presentase responden yang memiliki kebiasaan sarapan sebelum intervensi sebesar 58.5% dan meningkat menjadi sebesar 84% setelah intervensi. Media pendidikan dengan power point dan komik memberikan perubahan peningkatan pengetahuan dan kebiasaan sarapan pada anak sekolah. Penggunaan media yang lebih menarik dengan memperhatikan isi yang akan disampaikan pada anak sekolah mampu menerapkan kebiasaan sarapan dengan baik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: [No. Panggil: 1110714016] [Ketua Penguji: Nur Intania Sofianita] [Penguji I: Apriningsih] [Penguji II (Pembimbing): Taufik Maryusman]
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Kebiasaan Sarapan, Ketertarikan Media
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Program Studi Gizi (S1)
Depositing User: Velia Rahmadi
Date Deposited: 05 Dec 2019 15:07
Last Modified: 05 Dec 2019 15:07
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/5879

Actions (login required)

View Item View Item