HUBUNGAN ASUPAN ENERGI, ASUPAN PROTEIN DAN STATUS GIZI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SDN DEPOK BARU VI TAHUN 2016

Lintang Windu Ningsih, - (2016) HUBUNGAN ASUPAN ENERGI, ASUPAN PROTEIN DAN STATUS GIZI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SDN DEPOK BARU VI TAHUN 2016. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (653kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (17kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (804kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (862kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (879kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (956kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (786kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (816kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (22kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (342kB)

Abstract

Asupan energi dan protein dari makanan yang biasa dikonsumsi anak sekolah masih rendah karena mereka masih jarang untuk menyukai makanan yang bergizi dan baik untuk tubuh sehingga status gizi mereka bermasalah dan berdampak pada prestasi belajar mereka. Anak usia Sekolah merupakan masa pertumbuhan. Nutrisi dan zat gizi dibutuhkan anak usia sekolah untuk pertumbuhan, perkembangan serta untuk daya tahan tubuh. Gizi yang berkualitas akan mengoptimalisasikan fungsi otak. Asupan energi, protein serta status gizi diduga berkaitan dengan prestasi belajar seorang anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan asupan energi dengan prestasi belajar pada anak,untuk mengetahui hubungan asupan protein dengan prestasi belajar pada anak dan untuk mengetahui hubungan status gizi dengan prestasi belajar pada anak di SDN Depok Baru VI Tahun 2016. Penelitian ini menggunakan metode cross sectional. Sampel pada penelitian ini berjumlah 150 responden dengan menggunakan teknik stratified random sampling. Analisa bivariat menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara asupan energi dengan prestasi belajar (p value=0.012), tidak terdapat hubungan antara asupan protein dengan prestasi belajar (p value =0.177) dan tidak terdapat hubungan antara status gizi dengan prestasi belajar siswa (p value =0.507). Disarankan bagi pihak sekolah dan orang tua siswa agar lebih memperhatikan asupan makanan yang sehat dan seimbang serta memperhatikan status gizi siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: [No. Panggil: 1210714008] [Penguji I: Ibnu Malkan] [Penguji II (Pembimbing): Nur Intan Sofianita]
Uncontrolled Keywords: Asupan Energi, Asupan Protein, Status Gizi, Anak sekolah, Prestasi Belajar
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Program Studi Gizi (S1)
Depositing User: Uus Rusdiana
Date Deposited: 29 Nov 2019 09:05
Last Modified: 29 Nov 2019 09:05
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/5040

Actions (login required)

View Item View Item