Achmad Fajar Riyanto, - (2018) DAMPAK TAYANGAN IKLAN LIFEBOUY VERSI "CUCI TANGAN PAKAI SABUN" DI TELEVISI TERHADAP PERILAKU CUCI TANGAN WARGA (Survei pada Warga Kelurahan Cipayung, Depok ). Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.
Text
AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (544kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (2MB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (1MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (2MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (172kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (2MB) |
Abstract
Mencuci tangan pakai sabun adalah salah satu upaya pencegahan melalui tindakan sanitasi dengan membersihkan tangan dan jari jemari menggunakan air dan sabun. Masih tingginya angka diare di Kota Depok menjadi salah satu indikasi bahwa masih kurangnya kebiasaan cuci tangan pakai sabun (CPTS). Ditahun 2012 kasus diare yang ditangani oleh Diskes Kota Depok adalah sebanyak 39,28 persen dan meningkat menjadi 85,35 persen di tahun 2013 atau diperkirakan mencapai 40.629 kasus. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori jarum hipodermik yang artinya memaksa dan sekaligus menyadari masyarakat bahwa iklan mengenai cuci tangan ini sangat penting untuk ditiiru dan juga dilakukan apa yang disampaikan di iklan mengenai cuci tangan. Ini dikarenakan masyarakat saat ini sangat menyadari akan pentingnya kesehatan. Populasi yang penulis pilih adalah warga Kelurahan Cipayung, Kecamatan Cipayung Kota Depok, dimana di kelurahan tersebut terdapat TPA terbesar sekota depok, yaitu TPA Cipayung. Dimana resiko penyebaran penyakit yang disebabkan oleh sampah tinggi. Populasi yang terdapat di kelurahan Cipayung sebanyak 27.905 jiwa. Dengan sampel yang telah dirumuskan dengan rumus yamane adalah sebanyak 100 orang. Tayangan iklan diukur berdasarkan lima dimensi, yaitu waktu tayang, pesan, gerakan, gambar/visual, dan suara. Sedangkan perilaku diukur berdasarkan tiga dimensi, yaitu pengetahuan, sikap, dan tindakan. Hasil analisis regresi menunjukan bahwa tayangan iklan Lifebuoy versi "cuci tangan pakai sabun" mempunyai kontribusi sebesar 34% terhadap perilaku cuci tangan warga.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | [No. Panggil: 1410411156] [Pembimbing Skripsi Utama: Fitria Ayuningtyas] [Pembimbing Skripsi Pendamping: Hermina S] |
Uncontrolled Keywords: | Tayangan Iklan, Perilaku, Cuci Tangan |
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi (S1) |
Depositing User: | Hidayah Husnul Khotimah |
Date Deposited: | 29 Nov 2019 07:31 |
Last Modified: | 29 Nov 2019 07:31 |
URI: | http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/4948 |
Actions (login required)
View Item |