Agus Winarto, - (2016) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN YANG MELAKUKAN TRANSAKSI BISNIS ONLINE MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.
Text
Awal.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (19kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (872kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (2MB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (3MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (818kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (791kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (792kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (16kB) |
|
Text
lampiran.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (1MB) |
Abstract
Bisnis online merupakan bentuk perdagangan tanpa adanya proses bertemunya antara penjual dan pembeli, sedangkan media transaksi yang dipergunakan adalah internet. Kondisi tersebut sangat riskan menimbulkan pelanggaran terhadap hak- hak konsumen bisnis online. Secara umum perlindungan hukum terhadap konsumen diatur dalam KUHPerdata dan UU No 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Sehubungan dengan hal tersebut, dalam skripsi ini diangkat dua permasalahan yaitu : pertama. mengenai perlindungan hukum bagi konsumen yang melakukan transaksi bisnis online. Kedua, mengenai penyelesaian sengketa terhadap konsumen yang dirugikan akibat transaksi bisnis online. Metodologi yang dipakai menggunakan pendekatan normative empiris, yaitu membahas mengenai pemberlakuan ketentuan hukum secara in action di masyarakat. Berdasarkan pembahasan terhadap hasil penelitian disimpulkan bahwa : pertama, pada transaksi bisnis online hak-hak konsumen yang diatur dalam KUHPerdata dan UU No 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen sangat riskan untuk dilanggar, untuk itulah perlindungan konsumen bisnis online juga diatur dalam UU No. 11 Tahun 2008 tentang ITE, UU No. 7 tahun 2014 Tentang Perdagangan dan Peraturan Pemerintah No. 82 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik. Kedua, penyelesaian sengketa terhadap konsumen yang dirugikan akibat transaksi bisnis online dapat dilakukan di luar pengadilan atau bisa juga dilakukan melalui pengadilan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | [No. Panggil: 1210612007] [Ketua Penguji: Hendrawati Yuripersana] [Anggota I: Suherman] [Anggota II: Dwi Desi Yayi Tarina] |
Uncontrolled Keywords: | Perlindungan Hukum, Konsumen, Bisnis Online. |
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum > Program Studi Hukum (S1) |
Depositing User: | Zahra Nasution |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 03:56 |
Last Modified: | 28 Nov 2019 03:56 |
URI: | http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/4184 |
Actions (login required)
View Item |