PENGARUH KAMPANYE IMUNISASI MEASLES RUBELLA MELALUI IKLAN LAYANAN MASYARAKAT OLEH KEMENTERIAN KESEHATAN RI TERHADAP PERILAKU MASYARAKAT (Survei pada Masyarakat di Tangerang Selatan)

Mila Amalia Rahman, - (2019) PENGARUH KAMPANYE IMUNISASI MEASLES RUBELLA MELALUI IKLAN LAYANAN MASYARAKAT OLEH KEMENTERIAN KESEHATAN RI TERHADAP PERILAKU MASYARAKAT (Survei pada Masyarakat di Tangerang Selatan). Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (851kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (243kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (930kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (899kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (302kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini dilakukan karena di Indonesia pada tahun 2015 terdapat 8.185 kasus MR, MR merupakan salah satu penyakit yang mengakibatkan kematian tertinggi di dunia. Karena itu, pemerintah melakukan imunisasi MR secara massal ditahun 2017 dan 2018. Namun, masih ada beberapa daerah yang tidak mencapai target cakupan nasional yaitu 95%, di pulau Jawa hal itu terjadi di Tangerang Selatan. Tujuan penelitian, untuk mengukur pengaruh kampanye imunisasi MR oleh Kementerian Kesehatan RI terhadap perilaku masyarakat dalam rangka menekan jumlah korban MR. Model yang digunakan Model Kampanye Nowark dan Warneryd, Perilaku Terbuka dan tertutup. Metode yang digunakan ialah metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif. Lokasi penelitian ini adalah di Tangerang Selatan. Populasi dalam penelitian yaitu ibu-ibu usia 21 tahun – usia 45 tahun yang memiliki anak usia 9 bulan – usia 9 tahun, dengan menggunakan teknik nonprobability sampling dan purvosive sampling. Untuk mengetahui adanya hubungan dan pengaruh peneliti menggunakan uji korelasi, koefisien determinasi dan uji regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil hipotesis penelitian membuktikan Ho ditolak dan Ha diterima, terdapat pengaruh yang cukup berarti dan signifikan antara kampanye imunisasi MR melalui iklan layanan masyarakat oleh Kementerian Kesehatan RI terhadap Perilaku Masyarakat. Hal ini karena Iklan Layanan Masyarakat tersebut sesuai dengan dimensi-dimensi yang ada pada model kampanye Nowark dan Warneryd, sehingga dapat mengakibatkan adanya perubahan perilaku pada masyarakat. Sebagian besar perilaku masyarakat ditentukan oleh kampanye imunisasi MR melalui iklan layanan masyarakat oleh Kementerian Kesehatan RI, dan sisanya di tentukan oleh faktor diluar penelitian, seperti pengetahuan, paparan media massa dan lingkungan sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: [No. Panggil: 1510411121] [Pembimbing Utama: Siti Maryam] [Pembimbing Pendamping: Anjang Priliantini]
Uncontrolled Keywords: Kampanye, Iklan Layanan Masyarakat, Perilaku Masyarakat, Model Kampanye Nowark dan Warneryd, Perilaku Terbuka dan tertutup.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Hidayah Husnul Khotimah
Date Deposited: 28 Nov 2019 02:41
Last Modified: 28 Nov 2019 02:41
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/3975

Actions (login required)

View Item View Item