MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM MARKETING POLITIK PEMILU 2019 (Analisis Tentang Branding Politik Pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno Pada Akun Instagram @indonesiaadilmakmur)

Irfan Maulana, - (2019) MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM MARKETING POLITIK PEMILU 2019 (Analisis Tentang Branding Politik Pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno Pada Akun Instagram @indonesiaadilmakmur). Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (991kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (931kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (933kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (191kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana branding politik yang dilakukan pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno pada pemilu 2019 dalam akun Instagram @indonesiaadilmakmur. Konsep-konsep yang digunakan pada penelitian ini yaitu komunikasi politik, komunikasi politik kontemporer, new media, konsep pemilu di Indonesia, marketing politik, dan branding politik Fokus penelitian ini adalah penyusunan dan pemaknaan pada pesan teks berupa foto, video, dan poster di media sosial Instagram yang membentuk branding politik pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno sebagai dari proses komunikasi politik. Metode yang digunakan adalah analisis isi kualitatif Hsieh & Shanon dengan pendekatan directed content analysis melalui prosedur induksi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi data dari hasil analisis penulis, diskusi dengan teman sejawat dan wawancara dengan ahli. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pembagian peran untuk melakukan strategi penetrasi ke basis pemilih yang diantaranya dengan branding politik Prabowo Subianto sebagai pemimpin yang nasionalis dan konservatif serta branding politik Sandiaga Uno yang merepresentasikan kaum milenial yang dibentuk dari personalitas, penampilan dan culture mereka. Kesimpulan penelitian ini memperlihatkan pembagian peran antara Prabowo Subianto yang lebih mempertahankan basis suara yang loyal dengan dirinya sedangkan Sandiaga Uno yang merepresentasikan sebagai pemimpin milenial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: [No. Panggil: 1510411003] [Pembimbing I: Supratman] [Pembimbing II: Angela Efianda]
Uncontrolled Keywords: Komunikasi politik, Branding politik, Instagram
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Hidayah Husnul Khotimah
Date Deposited: 28 Nov 2019 02:09
Last Modified: 28 Nov 2019 02:09
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/3852

Actions (login required)

View Item View Item