Yosafat Galang Mahardika, - (2019) HUBUNGAN MINAT MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA REMAJA SMA NEGERI 58 JAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.
Text
AWAL.pdf Download (727kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (155kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (1MB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (1MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (920kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (264kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (3MB) |
Abstract
Kecerdasan emosional sering dikaitkan untuk menggambarkan tingkat emosional yang terdiri dari rasa empati, mengungkapkan, dan memahami perasaan, kemampuan mengendalikan rasa amarah, kemampuan mengatasi masalah pribadi, digemari, solidaritas pertemanan, ketekunan, keramahan, dan rasa hormat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungann minat mengikuti ekstrakurikuler terhadap kecerdasan emosional pada siwa di SMAN 58 Jakarta. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik dengan pendekatan Cross Sectional pada 169 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simpel random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan menggunakan uji Chi Square. Hasil uji ststistik menunjukan bahwa adanya hubungan antara minat mengikuti ekstrakurikuler dengan kecerdasan emosional (p value= 0,023). Kecerdasan emosional siswa dapat ditingkatkan melalui kesadaran diri terhadap lingkungan sosialnya sehingga kecerdasan emosional siswa meningkat dan aktif dalam kegiatan diluar sekolah. Hal ini menunjukan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh pada remaja. Dari hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara minat mengikuti ekstrakurikuler dengan kecerdasan emosional pada remaja SMA Negeri 58 Jakarta. Bagi sekolah, meningkatkan kecerdasan emosional pada siswa dapat dilakukan dengan cara mengenali karakter dan watak secara pribadi pada siswa-siswi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | [No. Panggil: 1510711083] [Ketua Penguji: Duma L. Tobing] [Penguji I: Chandra Tri Wahyudi] [Penguji II (Pembimbing): Evin Novianti] |
Uncontrolled Keywords: | Ekstrakurikuler, Kecerdasan emosional, Remaja |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Program Studi Keperawatan (S1) |
Depositing User: | Eka Dewi |
Date Deposited: | 26 Nov 2019 03:05 |
Last Modified: | 26 Nov 2019 03:05 |
URI: | http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/3060 |
Actions (login required)
View Item |