Rafly Ridho Jamalulail, . (2023) STUDI HAMBATAN KAPAL PATROLI DENGAN INOVASI SUDUT KOMPONEN TRIM TAB PADA VARIASI KONDISI TRIM KAPAL. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.
Text
ABSTRAK.pdf Download (97kB) |
|
Text
AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (106kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (351kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (1MB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (980kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (99kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (109kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (109kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (1MB) |
|
Text
HASIL PLAGIARISME.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
|
Text
ARTIKEL KI.pdf Restricted to Repository staff only Download (612kB) |
Abstract
Penggunaan kapal patroli dengan model lambung planning hull sedang marak digunakan di Indonesia khususnya pada kapal patroli, untuk menunjang proses pengawasan area perbatasan antara pulau dan negara. Namun kapal patroli memiliki hambatan besar yang disebabkan oleh kecepatan tinggi, hambatan besar mempengaruhi kinerja pada kapal patroli. Maka dari itu untuk menurunkan nilai hambatan diperlukan penambahan variasi appendage pada buritan kapal seperti trim tab yang berfungsi sebagai mengatur kecepatan kapal yang dipasang pada buritan kapal. Pada skripsi ini akan melakukan penambahan appendage pada buritan kapal yaitu penambahan variasi komponen trim tab dengan variasi kecepatan 30 - 50 knot dan variasi kondisi sudut trim kapal (0⁰, 3⁰ dan 5⁰). Untuk membuktikan pengaruh adanya penambahan trim tab pada buritan kapal terhadap penurunan hambatan maka analisis ini menggunakan pendekatan Computational Fluid Dynamics (CFD) dengan Ansys CFX. setelah adanya proses mendesain permodelan kapal patroli dengan beberapa variasi, untuk mendapatkan nilai hambatan total yang digunakan untuk perhitungan koefisien hambatan kapal (CT, CV, CF dan CW) lalu diperlukan untuk mendapatkan kondisi contour gelombang di setiap variasi sudut trim tab dan variasi sudut trim kapal. Sehingga dapat disimpulkan penggunaan Trim Tab sudut 45⁰ mampu menghasilkan hambatan terendah di setiap kondisi sudut trim kapal dan di setiap variasi kecepatan kapal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | [No.Panggil: 1910313006] [Pembimbing: Purwo Joko Suranto] [Penguji 1: Fakhri Akbar Ayub] [Penguji 2: Bambang Sudjasta] |
Uncontrolled Keywords: | Ship Resistance, Angle Variation, Trim Tab |
Subjects: | V Naval Science > V Naval Science (General) V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Perkapalan (S1) |
Depositing User: | Rafly Ridho Jamalulail |
Date Deposited: | 29 Jul 2023 03:43 |
Last Modified: | 29 Jul 2023 03:43 |
URI: | http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/25801 |
Actions (login required)
View Item |