ANALISIS KEKUATAN MATERIAL PEGAS MONOSHOCK ABSORBER TERHADAP BEBAN MAKSIMUM SEPEDA MOTOR X 125CC

Muhammad Febrizky, - (2014) ANALISIS KEKUATAN MATERIAL PEGAS MONOSHOCK ABSORBER TERHADAP BEBAN MAKSIMUM SEPEDA MOTOR X 125CC. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (12kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (784kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (792kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (774kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (841kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (175kB)

Abstract

Pegas adalah elemen mesin fleksibel yang digunakan untuk memberikan gaya, torsi, dan juga untuk menyimpan atau melepaskan energi. Pegas (absorber) pada kendaraan bermotor merupakan komponen yang sangat penting agar kendaraan dapat berfungsi dengan baik, sehingga mampu menahan kendaraan dari gaya-gaya yang diberikan pada waktu percepatan, pengereman dan pembelokan (manuver), agar pengendara mendapat keamanan dan kenyamanan saat berkendara. Penulis menganalisis perhitungan ulang monoshock absorber untuk mempelajari kualitas dan kekuatan dari pegas monoshock absorber. Pegas monoshock absorber dianalisis dan dihitung untuk mengetahui seberapa besar lendutan yang terjadi dengan beban maksimum kendaraan yang terjadi dalam pemakaian sehari-hari. Analisis perhitungan pegas monoshock absorber ini menggunakan faktor keamanan dengan pembebanan dinamis II yang mana pembebanan dinamis II adalah pembebanan kejut yang terjadi secara berulang-ulang. Pada analisis perhitungan ulang yang telah dilakukan pada pegas monoshock absorber dengan material SWC atau (kawat pegas tipe c) pada pembebanan 210 kg, didapat ledutan sebesar 90,8 mm dan tegangan geser yang terjadi sebesar 76,4kg/mm². dimana tegangan yang terjadi lebih kecil dari batas yang diizinkan 86,5kg/mm².

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: [No. Panggil: 0810311012] [Penguji Utama: Yuhani Djaja] [Penguji I: Budhi Martana] [Penguji II (Pembimbing): M. Galbi Bethalembah]
Uncontrolled Keywords: Perencanaan Pegas, Defleksi (lendutan), Tegangan Geser, Konstanta Pegas, Indeks Pegas
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Mesin (S1)
Depositing User: Muchamad Reza Pahlawan
Date Deposited: 25 Nov 2019 02:53
Last Modified: 25 Nov 2019 02:53
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/2322

Actions (login required)

View Item View Item