MANAJEMEN KRISIS HUMAS BADAN METEOROLOGI KLIMATOLOGI DAN GEOFISIKA (Studi Fenomenologi Dalam Peringatan Dini Tsunami Palu Dan Tsunami Banten Tahun 2018)

Arsandra Pinky Pangestu, - (2019) MANAJEMEN KRISIS HUMAS BADAN METEOROLOGI KLIMATOLOGI DAN GEOFISIKA (Studi Fenomenologi Dalam Peringatan Dini Tsunami Palu Dan Tsunami Banten Tahun 2018). Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (677kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (279kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (979kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (925kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (169kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Manajemen Krisis Humas Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (Studi Fenomenologi dalam Peringatan Dini Tsunami Palu dan Tsunami Banten Tahun 2018). Gempa bumi yang menyebabkan Tsunami di Palu dan Banten menyebabkan jatuhnya banyak korban jiwa. Peringatan dini pada Tsunami Palu yang dianggap terlalu cepat diakhiri dan tsunami Banten dianggap gelombang tinggi menyebabkan kekecewaan masyarakat pada kinerja BMKG yang dianggap kurang profesional, dan hal ini menimbulkan krisis kepercayaan terhadap BMKG yang dinilai kurang profesional dalam menangani kasus tersebut. Pada penelitian ini menggunakan Model Manajamen Krisis Steven Fink. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengalaman humas BMKG dalam memanajemen krisis kepercayaan masyarakat terhadap keakuratan informasi yang diberikan BMKG. Metode yang digunakan adalah kualitatif pendekatan studi fenomenologi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman, terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam melakukan manajemen krisis kepercayaan pada peringatan dini Tsunami Palu dan Tsunami Banten, Humas BMKG melakukan berbagai macam kegiatan untuk klarifikasi dan memberikan informasi dengan kegiatan media relations kemudian dengan program edukasi publik, dan membuat terobosan baru dengan mengemas informasi menjadi infografis dan motiongrafis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: [No. Panggil: 1510411110] [Pembimbing Utama: Siti Maryam] [Pembimbing Pendamping: Angela Efianda]
Uncontrolled Keywords: Manajemen krisis, Humas BMKG, Model Manajemen Krisis Steven Fin
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Hidayah Husnul Khotimah
Date Deposited: 23 Nov 2019 02:37
Last Modified: 23 Nov 2019 02:37
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/2213

Actions (login required)

View Item View Item