PENGARUH PESAN KAMPANYE #BIJAKBERPLASTIK TERHADAP PERILAKU RAMAH LINGKUNGAN (Survei Pada Followers Official Account Instagram @aqualestari)

Brianti Noviran Dani, - (2019) PENGARUH PESAN KAMPANYE #BIJAKBERPLASTIK TERHADAP PERILAKU RAMAH LINGKUNGAN (Survei Pada Followers Official Account Instagram @aqualestari). Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (125kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (855kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (869kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (122kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (3MB)

Abstract

Penggunaan plastik dinilai dapat mempermudah segala aktivitas manusia karena materialnya yang dapat diolah menjadi berbagai macam barang yang dapat menunjang kebutuhan manusia. Namun disisi lain penggunaan plastik menimbulkan dampak negatif jika penggunaannya yang tidak ramah lingkungan. Lewat kampanye #BijakBerplastik, Danone AQUA menekankan pentingnya untuk berperilaku bijak dalam menggunakan plastik dalam kehidupan sehari-hari. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur seberapa besar pengaruh pesan kampanye #BijakBerplastik terhadap Perilaku Ramah Lingkungan. Populasi pada penelitian ini adalah followers official account Instagram @aqualestari berjumlah 4.709 orang (diambil pada tanggal 28 Oktober 2018 pukul 07.02 WIB). Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model Kampanye Ostergaard. Pesan Kampanye diukur berdasarkan dua (2) dimensi yaitu Isi pesan dan Struktur Pesan sedangkan Perilaku Ramah Lingkungan yang diukur dua (2) dimensi yaitu Recycle (Daur Ulang) dan Vicarious, social behaviors toward conservation (Peran aktif mengelola lingkungan dalam suatu masyarakat). Hasil uji korelasi diketahui memiliki hubungan yang kuat, artinya bahwa pesan yang terkandung dalam kampanye #BijakBerplastik dapat diterima oleh followers official account instagram @aqualestari. Hasil uji pengaruh diketahui memiliki pengaruh tetapi tidak signifikan, karena tidak seluruh perilaku ramah lingkungan followers official account instagram @aqualestari disebabkan oleh pesan kampanye #BijakBerplastik yang dilakukan pada instagram @aqualestari. Hasil perhitungan uji hipotesis dengan t hitung dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu Pesan Kampanye #BijakBerplastik oleh Danone AQUA berpengaruh terhadap Perilaku Ramah Lingkungan pada followers official account Instagram @aqualestari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: [No. Panggil: 1510411016] [Pembimbing Utama: Kusumajanti] [Pembimbing Pendamping: Angela Efianda]
Uncontrolled Keywords: Pesan Kampanye, Perilaku Ramah Lingkungan, Model Kampanye Ostergaard
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Hidayah Husnul Khotimah
Date Deposited: 28 Nov 2019 06:24
Last Modified: 28 Nov 2019 06:24
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/4256

Actions (login required)

View Item View Item