Representasi Self-esteem Dalam Video Klip Musik “Satu-satu” Idgitaf (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce)

Muhammad Fadzrian, . (2025) Representasi Self-esteem Dalam Video Klip Musik “Satu-satu” Idgitaf (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce). Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (830kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (740kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (785kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (686kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (622kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (462kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
HASIL PLAGIARISME.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)
[img] Text
ARTIKEL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)

Abstract

Video klip musik "Satu-satu" yang dipopulerkan oleh Idgitaf mengangkat isu kesehatan mental melalui visual dan teks yang ditampilkan dalam reka adegan. Kesehatan mental menjadi perhatian global, di mana self-esteem atau penghargaan terhadap diri sendiri memegang peranan penting dalam membentuk kondisi mental yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan memahami representasi self-esteem yang disampaikan dalam video klip tersebut. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan semiotika Charles Sanders Peirce, yang berlandaskan teori triadik meliputi Representamen, Objek, dan Interpretan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video klip "Satu-satu" merepresentasikan fenomena self-esteem melalui tiga aspek utama menurut Heatheron dan Polivy, yaitu Performance Self-Esteem, Social Self-Esteem, dan Physical Self-Esteem, yang terefleksi terutama pada karakter utama anak perempuan. Social Self-Esteem menjadi aspek yang paling dominan dalam video klip, meskipun aspek Performance dan Physical juga berperan penting dalam membangun self-esteem yang baik. Penelitian ini memberikan pemahaman mendalam mengenai bagaimana isu self-esteem dapat direpresentasikan secara visual untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya penghargaan terhadap diri sendiri dalam mendukung kesehatan mental.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: No. Panggil: 2010411101 Pembimbing: Ratu Nadya Wahyuningratna Penguji 1: Ahmad Zakki Abdullah Penguji 2: Nuril Ashivah Misbah
Uncontrolled Keywords: Charles Sanders Peirce Semiotics, Music Video, Idgitaf, Satu-Satu, Self-esteem
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi (S1)
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: MUHAMMAD FADZRIAN
Date Deposited: 26 Feb 2025 02:49
Last Modified: 26 Feb 2025 02:49
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/36284

Actions (login required)

View Item View Item