PENGARUH BERMAIN TERAPEUTIK MEWARNAI TERHADAP MOTORIK HALUS ANAK KEBUTUHAN KHUSUS USIA SEKOLAH DI SEKOLAH LUAR BIASA PELITA HATI JAKARTA

Novita Ayuni kardiyanti, - (2017) PENGARUH BERMAIN TERAPEUTIK MEWARNAI TERHADAP MOTORIK HALUS ANAK KEBUTUHAN KHUSUS USIA SEKOLAH DI SEKOLAH LUAR BIASA PELITA HATI JAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (909kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (156kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (953kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (856kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (172kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)

Abstract

Autisme atau ASD (Autistic Spectrum Disorder) merupakan gangguan perkembangan fungsi otak yang sangat kompleks sekaligus bervariasi (spektrum), yang mengakibatkan otak tidak mampu berfungsi sebagaimana mestinya. Hampir semua anak autisme mempunyai keterlambatan dalam perkembangan motorik halus. Salah satu cara untuk meningkatkan motorik halus pada anak autisme adalah dengan terapi bermain mewarnai. Motorik halus adalah gerakan yang menggunakan otot-otot halus atau sebagian anggota tubuh tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain terapeutik mewarnai terhadap motorik halus anak anak kebutuhan khusus usia sekolah di Sekolah Luar Biasa Pelita Hati Jakarta tahun. Rancangan desain penelitian ini menggunakan quasy eksperimen dengan pendekatan Pre and Post Test Control Group Design. Jumlah sampel sebanyak 12 orang dengan teknik total sampling. Berdasarkan uji Paired Sample T-test ada pengaruh bermain terapeutik mewarnai terhadap motorik halus pada kelompok kontrol dan intervensi p Value 0,005 dan 0,002 (p<0.05). Ada perbedaan yang bermakna motorik halus terhadap motorik halus pada kelompok kontrol dan intervensi pada saat pretest maupun postest dengan p Value 0,0465 dan 0,0005 (p<0.05).Hasil penelitian ini dapat dijadikan pengembangan intervensi lebih lanjut, untuk meningkatkan motorik halus anak kebutuhan khusus(autisme).

Item Type: Tugas Akhir, Skripsi, Tesis, dan Disertasi (Skripsi)
Additional Information: [No. Panggil: 1310711104] [Ketua Penguji: Herlina] [Penguji I: Nelly Febriani] [Penguji II (Pembimbing): Tatiana Siregar]
Uncontrolled Keywords: ASD, Autisme, bermain terapeutik mewarnai, motorik halus.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Program Studi Keperawatan (S1)
Depositing User: Uus Rusdiana
Date Deposited: 25 Nov 2019 08:17
Last Modified: 25 Nov 2019 08:17
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/2239

Actions (login required)

View Item View Item