KOMUNIKASI LINGKUNGAN DALAM IKLAN: ANALISIS ISI IKLAN #STARTRIDINGMIGO DI INSTAGRAM @MIGOID PERIODE APRIL 2019

Naufal Khatiri, - (2019) KOMUNIKASI LINGKUNGAN DALAM IKLAN: ANALISIS ISI IKLAN #STARTRIDINGMIGO DI INSTAGRAM @MIGOID PERIODE APRIL 2019. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (853kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (933kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (789kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (788kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (23kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (3MB)

Abstract

Transportasi hendaknya menjadi alat untuk mempermudah kegiatan manusia, terutama dalam kegiatan ekonomi. Banyaknya sepeda motor yang beredar tersebut menyebabkan timbulnya kemacetan dan juga menjadi faktor utama penyebab terjadinya polusi udara. Oleh karena itu MIGO hadir menawarkan solusi moda transportasi ramah lingkungan yaitu MIGO Ebike. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pesan komunikasi lingkungan dalam iklan #StartRidingMIGO periode April 2019. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif kemudian teknik penelitian adalah analisis isi.Objek penelitian adalah 27 iklan #StartRidingMIGO periode April 2019 dengan rincian 72 foto dan 157 caption. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi lingkungan.Dari hasil penelitian, dalam unit analisis foto non fisik menunjukkkan bahwa dimensi komunikasi lingkungan yang paling dominan adalah dimensi teknik dengan indikator keterlibatan dalam kampanye lingkungan dengan persentase sebesar 36.11%. Untuk pembobotan unit analisis foto non fisik, dimensi yang paling dominan adalah dimensi prinsip dengan rataan skor 5.26. Lalu unit analisis kedua yaitu caption/kalimat, proses perhitungan tabulasi menghasilkan dimensi strategi sebagai dimensi yang paling dominan dengan persentase sebesar 14.01%. Lalu untuk perhitungan pembobotan skor mendapatkan hasil skor 6.25 untuk dimensi pendekatan sebagai dimensi yang paling dominan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: [No. Panggil: 1510411066] [Pembimbing Utama: Rini Riyantini] [Pembimbing Pendamping: Ratu Nadya W]
Uncontrolled Keywords: Analisis Isi Kuantitatif Deskriptif, Komunikasi Lingkungan, Periklanan
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Hidayah Husnul Khotimah
Date Deposited: 25 Nov 2019 07:34
Last Modified: 25 Nov 2019 07:34
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/2114

Actions (login required)

View Item View Item