PERANCANGAN KAPAL KONTAINER 8100 DWT KECEPATAN 13 KNOT UNTUK PENGIRIMAN KAYU MERANTI DENGAN RUTE PELAYARAN BALIKPAPAN KARIANGAU – JAKARTA KOJA

Muhammad Aditya Sukmana, - (2019) PERANCANGAN KAPAL KONTAINER 8100 DWT KECEPATAN 13 KNOT UNTUK PENGIRIMAN KAYU MERANTI DENGAN RUTE PELAYARAN BALIKPAPAN KARIANGAU – JAKARTA KOJA. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (610kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (610kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (786kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (773kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (9MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (619kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (160kB)

Abstract

Kapal kontainer adalah kapal yang khusus digunakan untuk mengangkut peti kemas, yang di dalam peti kemas tersebut terdapat muatan. Memiliki rongga (cells) untuk menyimpan peti kemas ukuran standar. Peti kemas diangkat ke atas kapal di terminal peti kemas dengan menggunakan crane/derek khusus. Di dalam skripsi ini, penulis mendesain kapal kontainer dengan muatan kayu meranti dengan rute pelayaran Balikpapan – Jakarta pergi-pulang. Perancangan kapal kontainer ini dimaksudkan untuk menambah jumlah armada kapal kontainer, yang berbendera Indonesia khususnya karena selama ini jumlahnya yang masih sangat minim. Perhitungan perancangan ini bertujuan untuk mendapatkan kapal container dengan ukuran 8100 DWT kecepatan 13 knot dengan menggunakan metode kapal pembanding. Pengumpulan data ini berupa ukuran utama dari 2 kapal pembanding yang sudah ada yang diambil dari website register Biro Klasifikasi Indonesia. Dengan menggunakan data-data dari 2 kapal pembanding tersebut di dapatkan ukuran utama kapal dengan Panjang LOA = 123,01 m, LPP = 115,9 m, LWL = 119,39 m, B = 18,80 m, H = 8,84 m, T = 7,43 m, CB = 0,75, CM = 0,98, CW = 0,86.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: [No. Panggil: 1510313014] [Penguji I: Bambang Sudjasta] [Penguji II: Amir Marasabessy] [Penguji III: M. Rusdy Hutawe]
Uncontrolled Keywords: Kapal kontainer, muatan, rute, metode, ukuran utama.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Perkapalan (S1)
Depositing User: Muchamad Reza Pahlawan
Date Deposited: 06 Nov 2019 08:57
Last Modified: 06 Nov 2019 08:57
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/846

Actions (login required)

View Item View Item