UNSUR KEBERPIHAKAN PADA PEMBERITAAN MEDIA ONLINE (Analisis Wacana Kritis Pemberitaan Kampanye Pasangann Calon Presiden Dan Wakil Presiden Pemilu 2019 Jokowi-Maruf Dan Prabowo- Sandi Di Stadion Gelora Bung Karno Pada Media Online Kumparan.Com)

Rizki Pratama Putra, - (2019) UNSUR KEBERPIHAKAN PADA PEMBERITAAN MEDIA ONLINE (Analisis Wacana Kritis Pemberitaan Kampanye Pasangann Calon Presiden Dan Wakil Presiden Pemilu 2019 Jokowi-Maruf Dan Prabowo- Sandi Di Stadion Gelora Bung Karno Pada Media Online Kumparan.Com). Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (309kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)

Abstract

Kampanye akbar pasangan pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden Jokowi- Maruf dan Prabowo Sandi dilakukan di Stadion Gelora Bung Karno (GBK). Setelah ditetapkan dengan sah oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), maka kampanye akbar kedua paslon dilaksanakan pada tanggal 7 dan 13 April 2019. Berbagai media massa ikut dalam memberitakan acara kampanye akbar ini termasuk media online Kumparan.com. Penelitian ini membahas bagaimana Kumparan.com mewacanakan dan mengemas pemberitaan kampanye akbar Jokowi-Maruf dan Prabowo-Sandi. Teks wacana dianalis dengan teknik Analisis Wacana Kritis model Norman Fairclough. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, studi pustaka, dan wawancara. Observasi dilakukan dengan mengamati 85 berita terkait pemberitaan kampanye akbar pada periode 2 – 13 April. Studi pustaka dilakukan dengan melihat penelitian terdahulu dan referensi pustaka, Sedangkan wawancara dilakukan dengan mewawancarai pihak redaktur Kumparan.com, ahli politik Indonesia, dan ahli media sekaligus sebagai konsumen media. Penulis memilih 6 berita untuk dijadikan unit analisis yang menggambarkan keberpihakkan wacana terhadap salah satu pasangan calon. Hasil penelitian secara analisis teks menunjukkan keberpihakkan, tetapi menurut analisis sosio kultural tidak terlihat adanya keberpihakkan, serta dari segi praktik wacana terlihat Kumparan,com menjalankan medianya dengan profesional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: [No. Panggil: 1510411002] [Pembimbing Utama: Azwar] [Pembimbing Pendamping: Uljanatunnisa]
Uncontrolled Keywords: Analisis Wacana Kritis, Keberpihakkan, Kumparan,com, Norman Fairclough, Berita Kampanye Akbar
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Hidayah Husnul Khotimah
Date Deposited: 29 Nov 2019 07:37
Last Modified: 29 Nov 2019 07:37
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/4953

Actions (login required)

View Item View Item