ANALISIS SEMIOTIKA KOMUNIKASI VISUAL SERI IKLAN CETAK LAYANAN MASYARAKAT TELKOMSEL VERSI FAKE NEWS

Salamah, - (2019) ANALISIS SEMIOTIKA KOMUNIKASI VISUAL SERI IKLAN CETAK LAYANAN MASYARAKAT TELKOMSEL VERSI FAKE NEWS. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (267kB)
[img] Text
BAB.I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB.II.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB.III.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB.IV.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (2MB)
[img] Text
BAB.V.pdf

Download (960kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (188kB)

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi memudahkan masyarakat dalam mendapatkan, memproduksi, serta menyebarkan infomasi, namun kemudahan ini menimbulkan masalah penyebaran berita palsu yang mendorong perusahaan besar bernama Telkomsel mengeluarkan kampanye iklan layanan masyarakat versi fake news untuk mengedukasi masyarakat. Penelitian ini dilakukan untuk menemukan dan menggali makna mendalam dari komunikasi visual seri iklan cetak layanan masyarakat Telkomsel versi fake news dengan menggunakan metode kualitatif dan pendekatan semiotika Roland Barthes. Hasil penelitian membahas mengenai visual-visual iklan yang dianggap sebuah tanda kemudian di analisis dengan menggunakan semiotika Roland Barthes untuk menggali makna denotasi, konotasi dan mitos yang ada pada iklan, sehingga dapat menjelaskan komunikasi visual iklan di setiap serinya. Penelitian ini menyimpulkan bahwa setiap visual yang muncul dalam iklan menunjukan gambaran berbagi informasi di berbagai media dan ketiga seri iklan ini ingin mengkomunikasikan bahwa menyebarkan berita palsu di media online adalah bentuk kejahatan serius.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: [No. Panggil: 1510411105] [Penguji I: Kusumajanti] [Penguji II: Supratman] [Pembimbing: Ispawati Asri]
Uncontrolled Keywords: iklan, komunikasi visual, semiotika.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Hidayah Husnul Khotimah
Date Deposited: 28 Nov 2019 01:53
Last Modified: 28 Nov 2019 01:53
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/3981

Actions (login required)

View Item View Item