Najmudin, - (2017) PROSES REPLATING LAMBUNG KAPAL KN MOKMER DI PUSAT BENGKEL ANGKATAN DARAT JAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.
Text
AWAL.pdf Download (3MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (106kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (1MB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (877kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (849kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (917kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (101kB) |
Abstract
Perkembangan dunia perkapalan maupun dunia maritim harus diimbangi dengan peningkatan mutu alat transportasi yakni kapal sebagai alat transportasi penghubung utama, pemeliharaan kapal sangat diperlukan agar kapal dinyatakan dalam kondisi yang baik dan layak untuk berlayar. Kerusakan pada kapal khususnya pada lambung kapal berpengaruh terhadap performa dari kapal KN Mokmer yang dapat mengakibatkan kebocoran. Sebagai contoh jika lambung kapal mengalami kebocoran atau keretakan maka kemungkinan terjadi penghambatan pada laju pada kapal. Kapal dapat mengalami kerusakan yang disebabkan oleh tubrukan (collision) atau kandas (grounding), yang mengancam keselamatan kapal dan lingkungan sekitar. Untuk meningkatkan keselamtan struktur kapal dan mengurangi resiko yang ditimbulkan, International Maritime Organization (IMO) mempersyaratkan dalam Non Convention Vassel Standart (NCVS) untuk Distrik Navigasi dan untuk menganalisa kekuatan sisa pasca kerusakan. Normalnya, lambung kapal memiliki penampang yang simetris, dan netralisasi hanya bergerak searah sumbu vertical dan horizontal selama progressive collapse yang dibebani momen lentur vertikal. Jika penampang lambung kapal terjadi kerusakan yang disebabkan oleh tubrukan, maka sumbu netral berputar terhadap sumbu memanjang kapal. Hal ini mempengaruhi besarnya tegangan dan regangan pada sisi yang rusak dari penampang lambung kapal disbanding bagian sisi yang masih utuh. International Association of Ship Classification Societies (IACS) telah meluncurkan aturan struktur dratfter baru untuk kapal Navigation. Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan sebuah metode sederhana untuk mengestimasi kekuatan sisa dari struktur lambung kapal dengan mempertimbangkan pengaruh dari sumbu netral pasca kerusakan yang disebabkan oleh tubrukan. Metode Smith digunakan untuk menganalisa progressive collapse dari sebuah lambung kapal pada kondisi intact dan kondisi pasca kerusakan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | [No. Panggil: 1210317006] [Ketua Penguji: Bambang Sudjasta] [Penguji I: M. Rusdy Hatuwe] [Penguji II: Purwo Joko Suranto] |
Uncontrolled Keywords: | Reparasi Kapal, Kebocoran Lambung Kapal, dan Kapal Navigasi |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Perkapalan (S1) |
Depositing User: | Muchamad Reza Pahlawan |
Date Deposited: | 27 Nov 2019 01:24 |
Last Modified: | 27 Nov 2019 01:24 |
URI: | http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/3461 |
Actions (login required)
View Item |