PENINGKATAN EFISIENSI KOMPONEN TRANSMISI FINAL DRIVE DENGAN PENDEKATAN PENGECILAN DIAMETER PITCH PLANETARY GEAR PADA BULLDOZER KAPASITAS DORONG 15 TON

Regian, - (2019) PENINGKATAN EFISIENSI KOMPONEN TRANSMISI FINAL DRIVE DENGAN PENDEKATAN PENGECILAN DIAMETER PITCH PLANETARY GEAR PADA BULLDOZER KAPASITAS DORONG 15 TON. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (863kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (863kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (774kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (853kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)

Abstract

Final Drive terdiri dari dua rangkaian roda gigi yaitu spurgear dan planetary gear, prinsip kerja final drive tidak berbeda jauh dengan prinsip kerja transmisi yaitu dimana terdapat pengurangan kecepatan putaran dengan tujuan untuk meningkatkan torsi dengan cara pemanfaatan dari perbadaan jumlah gigi. Terdapat hubungan antara final drive dengan efisiensi daya pada unit/alat. Awal perancangan dimulai dengan pemilihan dimensi roda gigi dari sisi jumlah gigi dan modul roda gigi pada rangkaian planetary gear. Dari hasil pemilihan tersebut didapatkan pengurangan pengurangan jumlah gigi dan modul, yaitu sun gear dengan jumlah gigi 12 yang awalnya berjumlah 13 gigi, jumlah gigi carrier gear 24 yang awalnya 27 gigi dan ring gear dengan jumlah 60 gigi yang awalnya berjumlah 68 gigi, serta perubahan modul yang awalnya 6,5 diubah menjadi 6. Dari hasil pengujian tersebut diperoleh hasil efisiensi daya sebesar 57%. Jadi kesimpulannya, pengurangan dimensi pada roda gigi baik dari sisi jumlah gigi maupun modul, mampu meningkatkan efisiensi komponen sehingga menghemat konsumsi daya karena terjadi pengurangan beban pada komponen final drive.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: [No. Panggil: 1410311027] [Penguji Utama: Nur Cholis] [Penguji Lembaga: M. Arifuddin Lukmana] [Pembimbing: M. Galbi Bethalemba]
Uncontrolled Keywords: Final Drive, Planetary Gear, Efisiensi komponen
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Mesin (S1)
Depositing User: Muchamad Reza Pahlawan
Date Deposited: 27 Nov 2019 01:44
Last Modified: 27 Nov 2019 01:44
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/3330

Actions (login required)

View Item View Item