MENENTUKAN UMUR SPROCKET DENGAN PENDEKATAN METODE LINIERITAS

Rafa Muhammad Bazar, - (2019) MENENTUKAN UMUR SPROCKET DENGAN PENDEKATAN METODE LINIERITAS. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (912kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (169kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (971kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (941kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (941kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (499kB)

Abstract

Sprocket pada sepeda motor adalah komponen yang penting, komponen yang berpasangan dengan rantai yang digunakan untuk mentransmisikan gaya putar dari engine ke roda belakang. Sprocket selalu bergesekan dengan rantai pada sepeda motor, Pada sepeda motor, pembakaran pada mesin menghasilkan putaran yang diteruskan oleh kopling dari poros penggerak ke poros penerus. Perhatian kondisi sprocket juga ada beberapa tanda yang bisa diperhatikan jika sprocket harus diganti. Seperti melihat ujungnya yang sudah lancip, lekukannya mulai dalam dan berwarna gelap, serta lebar lekungan dan sudut tajam mulai tak sama. Hal ini tak bisa di anggap sepele karena peran penting membuat motor tetap bisa bergerak. Untuk sprocket yang di analisa ada 3, pada sprocket pertama selama 510 hari atau 29.003.292 siklus, pada sprocket kedua selama 1259 hari 35.799.161,4 siklus, dan pada sprocket ketiga selama 1440 hari atau 40.925.556,80 siklus. Dari pengujian menggunakan microsoft excel dan spss memakai data keausan dan kehilangan berat dan menggunakan uji linieritas, pada interpretasi koefisien korelasi keausan mendapatkan nilai r2 sebesar 0,571958194 bahwa mempunyai pengaruh kehilangan berat – keausan terhadap waktu yang terbilang sedang. Beban pada pengguna sepeda motor mempunyai faktor untuk keausan sprocket, semakin berat beban yang dibawa semakin cepat juga perubahan bentuk dari sprocket itu sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: [No. Panggil: 1410311003] [Penguji Utama: Nur Cholis] [Penguji Lembaga: M. Arifuddin Lukmana] [Pembimbing : M. Galbi Bethalembah]
Uncontrolled Keywords: Sprocket, Sepeda Motor, Keausan, Uji Linieritas
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Mesin (S1)
Depositing User: Muchamad Reza Pahlawan
Date Deposited: 26 Nov 2019 06:57
Last Modified: 26 Nov 2019 06:57
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/3324

Actions (login required)

View Item View Item