ANALISIS PERBANDINGAN PERFOMA ANTARA INTAKE STANDARD DENGAN INTAKE TURBO CYCLONE PADA KENDARAAN BERMOTOR

Idris Septohadi, - (2015) ANALISIS PERBANDINGAN PERFOMA ANTARA INTAKE STANDARD DENGAN INTAKE TURBO CYCLONE PADA KENDARAAN BERMOTOR. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (808kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (802kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (808kB)

Abstract

Intake manifold merupakan salah satu komponen yang sangat penting. Fungsi intake manifold adalah untuk menghantarkan udara ke silinder atau ruang bakar, saluran hisap ,intake manifold memang kurang memegang peranan penting namun desain dari intake manifold berpengaruh pada homogenitas dan kecepatan aliran campuran udara bahan bakar dari karburator keruang pembakaran. Desain intake manifold standar tidak memiliki ulir terhadap permukaan dindingnya sehingga aliran udara yang masuk ke ruang bakar kurang efektif dalam memenuhi kebutuhan motor. Hasil yang ingin dicapai dengan pembuatan ulir terhadap permukaan dinding intake manifold adalah adanya peningatan tekanan aliran campuran udara dan bahan bakar yang masuk ke ruang bakar lebih tinggi sehingga berpengaruh terhadap performa dan konsumsi bahan bakar yang dihasilkan pada motor Yamaha Scorpio-Z. Daya yang dihasilkan pada Yamaha scorpio z dengan intake standar adalah 13,62 hp, 15,06 Nm. Sedangkan daya dan torsi yang dihasilkan pada intake manifold turbo cylone adalah 13,64 hp dan 15,07 Nm. Hasil rata-rata pengujian konsumsi bahan bakar terhadap intake manifold standar pada pengujian 1500 rpm didapatkan hasil 4,91 menit/25ml, sedangkan intake turbo cyclone didapatkan hasil 5,23 menit/25ml. pada pengujian 4000 rpm didapatkan hasil 1,06 menit/25ml dengan menggunakan intake standard dan 1,31 menit/25ml dengan menggunakan intake turbo cyclone. Pengujian pada 6000 rpm didapatkan hasil 0,35 menit/25ml pada intake standard dan 0,89 menit/25ml pada intake turbo cyclone. Berdasarkan hasil penelitian ini didapatkan hasil performa yang lebih tinggi dan konsumsi bahan bakar yang lebih irit menggunakan intake manifold turbo cyclone dibandingkan intake manifold standard.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: [No. Panggil: 1110311032] [Ketua Penguji: Saut Siagian] [Penguji I: Yuhani Djaja] [Penguji II/Pembimbing: M. As'adi]
Uncontrolled Keywords: Intake manifold, Intake turbo cyclone, Konsumsi bahan bakar
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Mesin (S1)
Depositing User: Muchamad Reza Pahlawan
Date Deposited: 26 Nov 2019 03:42
Last Modified: 26 Nov 2019 03:42
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/2952

Actions (login required)

View Item View Item