PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN KAMERA LOMO MENURUT UNDANG-UNDANG NO. 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN

Yendra Ade Haryanto, - (2015) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN KAMERA LOMO MENURUT UNDANG-UNDANG NO. 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (243kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (860kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (920kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (72kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu Perlindungan konsumen merupakan alat perangkat hukum yang diciptakan untuk melindungi dan terpenuhinya hak konsumen. Sebagai contoh para pelaku usaha wajib memberikan garansi atau layanan servis yang sesuai dengan produk yang dijual. Penelitian tentang Perlindungan Konsumen ini dilakukan karena adanya masalah pada pelaku usaha khususnya di bidang kamera lomo karena pelaku usaha tidak dapat memberikan ganti rugi berupa perbaikan, penggantian barang sejenis, dan pengembalian uang kepada konsumen yang membeli kamera lomo. Pelaku usaha kamera Lomo telah melakukan pelanggaran hukum, khususnya yang berkaitan dengan perlindungan Konsumen. Agar mencegah kejadian seperti ini terus berulang diperlukan adanya peraturan perundang-undangan yang memadai serta pelaksanaan yang optimal dari peraturan perundang-undangan tersebut di samping tentunya ada peran serta dari seluruh lapisan masyarakat. Rumusan masalah penelitian ini Bagaimana perlindungan hukum terhadap konsumen kamera Lomo di Indonesia? Dan Bagaimana upaya hukum terhadap konsumen kamera lomo di Indonesia? Tipe penelitian hukum yang dilakukan adalah termasuk dalam penelitian normatif. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumen. Kesimpulan Bentuk pertanggungjawaban pelaku usaha kamera Lomo kepada konsumen adalah dengan memberikan jasa perbaikan atau layanan purna jual, dan penggantian kamera sejenis. Langkah-langkah Konsumen kamera lomo apabila hak- haknya tidak dapat dipenuhi oleh pelaku usaha adalah pertama-tama pihak konsumen mengadukan kerusakan kamera Lomonya kepada pihak penjual. Apabila pihak penjual tidak dapat bertanggungjawab maka konsumen dapat menyelesaikan sengketa tersebut baik di luar pengadilan ataupun melalui proses litigasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: [No. Panggil: 1130612025] [Ketua Penguji: Suherman] [Penguji I: Dwi Aryanti Ramadhani] [Penguji II (Pembimbing): Devi Kantini R]
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Konsumen, Konsumen, Kamera Lomo.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Program Studi Hukum (S1)
Depositing User: Zahra Nasution
Date Deposited: 25 Nov 2019 07:27
Last Modified: 25 Nov 2019 07:27
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/2696

Actions (login required)

View Item View Item