ANALISIS KESEIMBANGAN LINTASAN PERAKITAN MOBIL NIAGA TYPE SL D (L300) DALAM UPAYA MENINGKATKAN EFISIENSI LINTASAN PERAKITAN PADA BAGIAN TRIMMING CABIN 5 DI PT. X

Ivan Kristiyanto, - (2014) ANALISIS KESEIMBANGAN LINTASAN PERAKITAN MOBIL NIAGA TYPE SL D (L300) DALAM UPAYA MENINGKATKAN EFISIENSI LINTASAN PERAKITAN PADA BAGIAN TRIMMING CABIN 5 DI PT. X. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (586kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (874kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (879kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (859kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (926kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)

Abstract

PT. X adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang industri otomotif, dimana dalam pelaksanaan proses produksinya melakukan perakitan kendaraan jenis niaga salah satunya type SL D (L300). PT. X memiliki beberapa bagian kerja, diantaranya adalah bagian Trimming Cabin 5 yang melakukan pekerjaan perakitan dalam dan luar kabin Type SL D (L300). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kondisi keseimbangan lintasan pada kondisi awal perakitan dan kondisi sesudah perakitan menggunakan metode Rangked Positional Weight. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukan nilai efisiensi lintasannya meningkat sebesar 23,11% dari kondisi awal perakitan sebesar 70,70% menjadi 93,81%, menurunkan Balance Delay 23,11% dari kondisi awal 29,30% menjadi 6,19%, menurunkan Smoothness Index 373,527 dari kondisi awal 478,069 menjadi 104,542, serta menurunkan total waktu menganggur (Idle Time) 1566,688 detik dari kondisi awal 1863,447 detik menjadi 296,759 detik. Waktu siklus (Cycle Time) sebesar 299,582 detik/stasiun menghasilkan 16 stasiun kerja dan kapasitas produksi meningkat menjadi ± 96 Unit/hari (1 Shift/8 jam kerja).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: [No. Panggil: 0810311024] [Penguji Utama: Marsudi] [Penguji Kedua: Budhi Martana] [Penguji Lembaga: Yuhani Djaja]
Uncontrolled Keywords: Keseimbangan Lintasan, Pengukuran Waktu Kerja, Stasiun Kerja, Waktu Siklus (Cycle Time), Waktu Baku, Rangked Positional Weight.
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Mesin (S1)
Depositing User: Muchamad Reza Pahlawan
Date Deposited: 25 Nov 2019 08:56
Last Modified: 25 Nov 2019 08:56
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/2491

Actions (login required)

View Item View Item