KAJI EKSPERIMENTAL KEKASARAN INTAKE MANIFOLD TERHADAP PERFORMA DAN EMISI GAS BUANG PADA MOTOR BAKAR 4 LANGKAH

Siswadi Aru Widodo, - (2014) KAJI EKSPERIMENTAL KEKASARAN INTAKE MANIFOLD TERHADAP PERFORMA DAN EMISI GAS BUANG PADA MOTOR BAKAR 4 LANGKAH. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (156kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (853kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (894kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (843kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (115kB)

Abstract

Intake manifold atau bagi kalangan pengguna motor biasa disebut leher angsa adalah suatu alat dalam kendaraan yang berguna untuk menyalurkan campuran antara udara dan BBM (Bahan Bakar Minyak) sebelum nanti akan dimasukkan ke dalam combustion chamber (ruang bakar) untuk dilakukan pembakaran. Pengujian dilakukan dengan metode eksperimental dengan tujuan mengetahui kekasaran intake manifol standar dan intake manifold yang telah dimodifikasi, konsumsi bahan bakar, dan emisi gas buang pada motor bensin. Tingkat kekasaran pada intake manifold standar 18.83 µm, intake manifold porting 1 10.44 µm dan intake maanifold porting 28.64 µm. Dari hasil penelitian ini didapat nilai maksimum wheel power pada intake manifold porting 1 sebesar 9.2 hp pada putaran 7530 rpm dan minimum wheel power pada intake manifold standar sebesar 9.1hp pada putaran 7409 rpm. Sedangkan nilai maksimum dari wheel torque pada intake manifold standar sebesar 9.61 N.m pada putaran 6048 rpm dan minimum wheel power pada intake manifold porting 1 intake manifold porting 2 sebesar 9.54 N.m pada putaran 5869 rpm. Pada hasil pengujian konsumsi bahan bakar intake manifold standar memiliki nilai rata-rata 14.77 ml/menit, intake manifold porting 2 memiliki nilai rata-rata 13.98 ml/menit dan intake manifol porting 2 memiliki nilai rata-rata 13.23 ml/menit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: [No. Panggil: 0810311021] [Penguji Utama: M Galbi Bethalembah] [Penguji Lembaga: Saut Siagian] [Dosen Pembimbing: Muhamad As'adi]
Uncontrolled Keywords: Intake manifold, kekasaran intake manifold, daya, torsi, konsumsi bahan bakar, emisi
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Mesin (S1)
Depositing User: Muchamad Reza Pahlawan
Date Deposited: 25 Nov 2019 02:50
Last Modified: 25 Nov 2019 02:50
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/2489

Actions (login required)

View Item View Item