Reinhard Filipi S, - (2014) DESIGN PROTOTYPE DAN ANALYSIS KEKUATAN STRIGHT CHASSIS KART. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.
Text
AWAL.pdf Download (6MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (5MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (9MB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (7MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (10MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Seiring dengan meningkatnya konsumsi energi disektor transportasi secara signifikan, Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti) menyelenggarakan kompetisi Indonesia Energy Marathon Challange (IEMC) untuk berupaya mendapatkan sistem transportasi yang hemat energi melalui kreativitas para mahasiswa. Dengan merancang chassis perlu dilakukan analisis simulasi elemen hingga untuk mengetahui kekuatan chassis pada mobil tipe kart yang dinamakan Stright Chassis Kart. Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan hasil simulasi chassis apabila mengalami pembebanan dengan menggunakan perangkat lunak Finite Element Analysis (FEA) . Penelitian dilakukan dalam beberapa tahap pengerjaan yaitu: pemodelan chassis dan simulasi FEA menggunakan perangkat lunak Solid Work Premium 2012 static load case pada pembebanan 971N terpusat pada gearbox, driver dan engine stand dengan perbandingan dua jenis material yakni AISI 4340 Steel Normalized dan Alumunium Alloy (Alumina). Setelah merancang chassis prototipe dengan panjang 2058mm dan berat 50.4 dan 25.4 kg, kemudian chassis dianalisa dengan metode FEA dengan elemen solid tetraherda (isoparametrik), total nodes = 428595, element = 219859. Kemudian hasil analisis menampilkan Von Mises Stres maksimum 4.11318 N/mm² (Mpa), defleksi maksimum 0.0504101mm pada material AISI 4340 Steel Normalized dan Von Mises Stres maksimum 4.08521 N/mm² (Mpa), defleksi maksimum 0.0274773mm pada material Alumina. Dengan simulasi FEA dapat disimpulkan bahwa defleksi yang terjadi pada material Alumina lebih rendah 0.023mm dari material AISI 4340 Steel Normalized, sehingga jenis material Alumunium Alloy (Alumina) termasuk dalam kategori aman dan dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | [No. Panggil: 0810311011] [Penguji Utama: Yuhani Djaja] [Penguji Kedua: M. Galbi Bethalembah] [Penguji Lembaga: Saut Siagian] |
Uncontrolled Keywords: | Design Chassis, Tubular space frame, Analisis FEA, Static Load, Von Mises Stress Maksimum, Defleksi Maksimum |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Mesin (S1) |
Depositing User: | Muchamad Reza Pahlawan |
Date Deposited: | 23 Nov 2019 03:53 |
Last Modified: | 23 Nov 2019 03:53 |
URI: | http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/2321 |
Actions (login required)
View Item |