ANALISIS KEKUATAN STRUKTUR GELADAK HELIKOPTER KRI TELUK KUPANG

Gigih Cipta Permana, - (2019) ANALISIS KEKUATAN STRUKTUR GELADAK HELIKOPTER KRI TELUK KUPANG. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (459kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (984kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (946kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (2MB)

Abstract

Tingkat keselamatan kapal sangat dipengaruhi oleh kekuatan struktur konstruksi, baik pada saat sedang berlayar pada kondisi laut bergelombang, maupun dalam keadaal arus laut yang tenang, begitu pula ketika kapal sedang berada di atas dok. LCT (Landing Craft Tank) KRI Teluk Kupang milik TNI AL adalah sebuah kapal laut perang yang diperuntukan khusus untuk membawa atau mengangkut tank berjenis Leopard, serta memiliki fasilitas Helipad di bagian belakang kapal. Penelitian ini dikerjakan untuk mengetahui bagaimana beban akan bekerja pada geladak helikopter, menganalisis bagaimana reaksi atau respon geladak terhadap beban dengan penambahan beban helikopter dari yang sudah direncanakan ketika perencanaan awal. Analisis dilakukan menggunakan bantuan dari sebuah software metode elemen hingga yaitu ANSYS. Hasil Penelitian menunjukan bahwa dari beban helikopter sebesar 24,525 kN mendapatkan hasil tegangan maksimum yaitu 7,6087 MPa, sedangkan tegangan luluh baja adalah 200 Mpa, sehingga geladak helikopter sanggup menahan beban sampai 26,2857 kali lipat dari beban awal, jadi helikopter yang diijinkan mendarat bebannya tidak melebihi 644,6568 kN dan tidak melebihi dimensi geladak helikopter itu sendiri. Sedangkan struktur yang terbebani 24,525 kN akan terdeformasi sebesar 0,053589 mm sebagai nilai maksimum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: [No. Panggil: 1320316009] [Ketua Penguji: Bambang Sudjasta] [Penguji I: Amir Marasabessy] [Penguji II (Pembimbing): Purwo Joko Suranto]
Uncontrolled Keywords: Kekuatan struktur, Landing Craft Tank, Helipad, Ansys, Tegangan, Deformasi
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Perkapalan (S1)
Depositing User: Muchamad Reza Pahlawan
Date Deposited: 06 Nov 2019 08:42
Last Modified: 06 Nov 2019 08:42
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/822

Actions (login required)

View Item View Item