STRATEGI KNOWLEDGE MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA PADA PT. PROVICES INDONESIA

Akmal Syafaat, - (2017) STRATEGI KNOWLEDGE MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA PADA PT. PROVICES INDONESIA. Tesis thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (892kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (925kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VII.pdf

Download (844kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (796kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (38kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini sudah melakukan proses untuk mengenalkandanmenciptakan strategi Knowledge Managementpada PT. Provices Indonesia,yang bergerak pada pelayanan jasa penyedia tenaga kerja, saat ini seiring dengan meningkatnya persaingan bisnis dan ketergantungan organisasi terhadap pengelolaan pengetahuan dan profesionalitas menuntut perusaahan untukdapat memaksimalkan sekaligus menjadikan knowledgesebagai inisiatif dalam proses bisnis perusahaan. Paradigma yang diterapkan pada penelitian ini adalah paradigma konstruktivisme. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi dengan teknik analisis data yang bersifat induktif dan berkelanjutan. Penelitian ini mengusulkan integrasi metode antara APO (AsianProductivity Organization) KMframework yang terdiri dari Accelerators(Leadership, People, Process, Technology), Knowledge Processes, KM Outcomessebagai alat bantu menentukan knowledge management gap. Rancangan strategi knowledge management menggunakanSECI Model(Socialization, Externalization, Combination, Internalization)yang komprehensifsebagai alat bantu analisis dan penciptaan konversi KMterhadap peningkatan kualitas sumber daya manusiamelalui langkah penempatan KM secara personalisasi dan kodifikasi. Pada tahap socialization dilakukan eksplorasi dalamsuatu tacit ketacitmelalui peran karyawan yang tergabung dalam COPs(Community Of Practice).Pada tahap externalizationdilakukan pendokumentasian dari hasil eksplorasi datayang telah di kelola KCC (Knowledge Creating Crew) kepada karyawan dengan pemisahan kebutuhan akan informasi. Pada tahap combinationdilakukan peningkatan pengetahuan yang berbentuk tacit knowledgemenjadi terdokumentasikan ke dalam bentuk explicit knowledge best practiceyang diperolehakan dikombinasikan dengan proses aktivitas daritiga (3)Perseroan yang berada pada PT. PVI. Pada tahapinternalization dilakukan penginformasianmengenai best practiceyang telah didapatkan dari hasil penelitian untuk dijadikan perencanaan evaluasi dari kegiatan pekerjaan yang dilakukan. Konsep perancangan pada lingkup pekerjaan PT.PVIdiharapkan dapatmenghasilkan suatu evaluasi terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusiadalam pencapaiancustomer satisfaction.Oleh karena itu, diperlukan adanya konversi knowledgedari pekerjayang berada dalam lingkup organisasi PT. PVI.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information: [No. Panggil: 1320921065] [Ketua Penguji: Jubaedah] [Pembimbing I: Djumarno] [Pembimbing II: Ni Putu Eka Widiastuti]
Uncontrolled Keywords: Knowledge Management, Sumber Daya Manusia, APO, SECI, Satisfaction
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Program Studi Manajemen (S2)
Depositing User: Velia Rahmadi
Date Deposited: 05 Dec 2019 14:27
Last Modified: 05 Dec 2019 14:27
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/6022

Actions (login required)

View Item View Item