ANALISIS PENGARUH KUALIFIKASI PENERIMAAN PEGAWAI, PENDIDIKAN LATIHAN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KOMPETENSI PEGAWAI DI BALITBANG KEMHAN

Alimisna, - (2016) ANALISIS PENGARUH KUALIFIKASI PENERIMAAN PEGAWAI, PENDIDIKAN LATIHAN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KOMPETENSI PEGAWAI DI BALITBANG KEMHAN. Tesis thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (322kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (931kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (782kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (832kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (4kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (492kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Analisis Pengaruh Kualifikasi Penerimaan Pegawai, Pendidikan Latihan, Budaya Organisasi terhadap Kompetensi Pegawai di Balitbang Kemhan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hipotesis bahwa ada pengaruh antara variabel independen dengan variabel dependen. Dalam penelitian ini ada tiga variabel, yaitu, Kualifikasi Penerimaan Pegawai (X1), Pendidikan Latihan (X2), Budaya Organisasi (X3), juga Kompetensi Pegawai (Y) sebagai variabel dependen. Analisis data dengan menggunakan model penilaian Likert yang diisi oleh responden dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pertahanan sebanyak 72 orang. Semua pengolahan data dan analisis dilakukan dengan program statistik Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 17.0.and Analisis jalur software yang digunakan LISREL 8.8. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari variabel independen terhadap variabel dependen. Dari semua variabel independen yang ketiga, yang paling dominan adalah dari Kualifikasi Penerimaan Pegawai (X1) terhadap Kompetensi Pegawai (Y) dengan R tabel 0,374% dibandingkan dengan dua variabel independen. Jadi Kualifikasi penerimaan pegawai dan fokus terhadap pendidikan dan pelatihan, memberikan nilai tambah sebagai pengetahuan dan keterampilan untuk mengasah keterampilan pegawai. Sehingga akan memudahkan pegawai melakukan pekerjaan dengan tuntas sesuai target organisasi yang telah ditetapkan. Selain itu juga dapat membantu pegawai mencapai level kinerja yang tinggi dan akhirnya kompetensi karyawan akan meningkat. Secara bersamaan, hal ini ditunjukkan dari koefisien Adjusted R Square sebesar 10,89%, artinya Kualifikasi Penerimaan Pegawai, Pendidikan Latihan, Budaya Organisasi memberikan pengaruh yang signifikan terhadap Kompetensi Pegawai. Tes hipotesis menunjukkan bahwa nilai F-hitung berdasarkan analisis data, diperoleh koefisien jalur (B1Y3) = 0,093 dengan t-test = 1,885. Karena t hitung > 1,677 maka H0 dan H1 diterima, berarti bahwa koefisien jalur adalah signifikan, temuan ini dapat diartikan bahwa Kualifikasi Penerimaan Pegawai (X1) mempengaruhi Kompetensi (Y) melalui Organisasi Budaya (X3), berarti kualifikasi penerimaan pegawai mempengaruhi kompetensi melalui budaya organisasi dengan t-hitung pada koefisien jalur berpengaruh langsung secara signifikan karena lebih besar dari nilai t kritis dengan alpha 10% sebesar 1.667. Hasil ini membuktikan bahwa 7 jalur pengaruh langsung dan tidak langsung pada model signifikan dan berhasil didukung sepenuhnya berdasarkan pada data empiris yang digunakan

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information: [No. Panggil: 1220921138] [Ketua Penguji: Rusdi Musa Ishaq] [Penguji I: Darlius] [Penguji II: Agus H.S Reksoprodjo]
Uncontrolled Keywords: Kualifikasi Penerimaan Pegawai, Pendidikan, Pelatihan, Budaya, Organisasi, Kompetensi
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Program Studi Manajemen (S2)
Depositing User: Fitrianda
Date Deposited: 29 Nov 2019 11:51
Last Modified: 29 Nov 2019 11:51
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/5594

Actions (login required)

View Item View Item