REPRESENTASI KEBUDAYAAN INDONESIA DALAM IKLAN PARIWISATA WONDERFUL INDONESIA VERSI DISCOVER THE RICHNESS OF THE CULTURE DI YOUTUBE (Analisis Semiotika Roland Barthes)

Adam Haris Kurniadi, - (2019) REPRESENTASI KEBUDAYAAN INDONESIA DALAM IKLAN PARIWISATA WONDERFUL INDONESIA VERSI DISCOVER THE RICHNESS OF THE CULTURE DI YOUTUBE (Analisis Semiotika Roland Barthes). Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (251kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (33kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (877kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (929kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (820kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (801kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (824kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (68kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (517kB)

Abstract

Iklan pariwisata Wonderful Indonesia versi Discover The Richness of The Culture memiliki konsep iklan yang menarik dengan menggunakan konsep iklan keberagaman budaya Indonesia. Didalamnya terdapat bermacam tanda-tanda yang menggambarkan kebudayaan Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui representasi kebudayaan Indonesia yang terdapat dalam iklan pariwisata Wonderful Indonesia versi Discover The Richness of The Culture di Youtube. Penelitian ini dianalisa menggunakan teori analisis semiotika Roland Barthes untuk mengetahui makna denotasi, konotasi, serta mitos dalam iklan tersebut. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif yang bersifat interprtatif untuk memfokuskan dirinya pada tanda dan teks, serta bagaimana penulis menafsirkan dan memahami kode atau makna di balik tanda atau teks tersebut tersebut. Penelitian ini akan menghasilkan makna denotasi yang timbul dalam iklan tersebut merupakan gambaran nyata yang benar terjadi dari keadaan serta daerah-daerah di Indonesia yang memiliki beragam kebudayaan, makna konotasi yang timbul menggambarkan bahwa kebudayaan Indonesia memiliki cerita tersendiri di setiap scene-scene yang tampil dalam iklan tersebut, serta makna mitos yang muncul menggambarkan bahwa setiap budaya Indonesia yang muncul pada iklan tersebut mempunyai cerita dan makna mitos nya masing-masing. dan memang sudah diyakini dan dipercayai. karena mitos yang muncul dari sebuah kebiasaan masyarakat.yang terkandung didalam iklan pariwisata Wonderful Indonesia versi Discover The Richness of The Culture. Kesimpulan dari penelitian ini adalah iklan ini merepresentasikan kebudayaan Indonesia yang mengandung makna denotasi, konotasi, serta mitos.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: [No. Panggil: 1510411071] [Pembimbing Utama: Anter Venus] [Pembimbing Pendamping: Ahmad Zakki A]
Uncontrolled Keywords: Representasi, Kebudayaan Indonesia, Analisis semiotika Roland Bartes
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Hidayah Husnul Khotimah
Date Deposited: 28 Nov 2019 02:47
Last Modified: 28 Nov 2019 02:47
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/3997

Actions (login required)

View Item View Item