PENGARUH TERPAAN PEMBERITAAN MEDIA ONLINE TENTANG SANDIAGA UNO TERHADAP SIKAP MASYARAKAT (Survei Terhadap Masyarakat Kelurahan Tanah Baru, Depok).

Indri Ahsanu Amala, - (2019) PENGARUH TERPAAN PEMBERITAAN MEDIA ONLINE TENTANG SANDIAGA UNO TERHADAP SIKAP MASYARAKAT (Survei Terhadap Masyarakat Kelurahan Tanah Baru, Depok). Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (841kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (995kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (909kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (870kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (155kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)

Abstract

Media online menjadi pilihan masyarakat masa kini untuk membaca berita karena memiliki banyak kemudahan. Sebagai tahun politik, tahun 2018 banyak bermunculan berita tentang para calon kandidat Capres dan Cawapres. Berita yang sempat menjadi sorotan media, adalah ketika tersebar video amatir Cawapres, Sandiaga Uno yang melangkahi makam tokoh Nahdatul Ulama (NU) saat berziarah. Berita tersebut mendapat tanggapan negatif dari sejumlah politisi dan tokoh agama, juga mendapat kecaman dan aksi protes dari warga Jombang, Jawa Timur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur pengaruh terpaan pemberitaan Sandiaga Uno terhadap sikap masyarakat. Penelitian ini menggunakan teori efek terbatas, dimana media dianggap memiliki efek terpaan yang kecil bagi khalayaknya. Populasi pada penelitian ini adalah warga Kelurahan Tanah Baru sebanyak 2.978 orang, peneliti memilih responden warga Kelurahan Tanah Baru di kalangan bapak-bapak karena menurut survei yang dilakukan website Depok24jam.com, berita politik merupakan berita yang paling sering diakses dengan persentase 54% dan karakteristik pembaca media online yaitu, laki-laki berusia 25 sampai 55 tahun. Penelitian ini menggunakan metode Non Probability Sampling dan melalui teknik purposive sampling, menggunakan rumus Yamane sampel yang diambil adalah 97 orang. Berdasarkan indikator pada variable terpaan, yaitu frekuensi, durasi dan atensi serta sikap masyarakat yang diukur berdasarkan teori sikap dengan indikator kognitif, afektif dan konatif, variable terpaan pemberitaan memiliki pengaruh yang kecil terhadap variabel sikap masyarakat berdasarkan hasil perhitungan uji regresi dengan nilai R Square 0,042, yang menunjukkan tidak ada pengaruh variabel terpaan terhadap variabel sikap masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: [No. Panggil: 1510411099] [Pembimbing Utama: Rini Riyantini] [Pembimbing Pendamping: Yuliani Widianingsih]
Uncontrolled Keywords: erpaan, Sikap, Sandiaga Uno, Teori Efek Terbatas
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Hidayah Husnul Khotimah
Date Deposited: 28 Nov 2019 01:41
Last Modified: 28 Nov 2019 01:41
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/3984

Actions (login required)

View Item View Item