REPRESENTASI SEMANGAT KEJUANGAN DALAM IKLAN KOPI KAPAL API VERSI “SECANGKIR SEMANGAT BUAT NYATA TUJUANMU” DI TELEVISI (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce)

Mercy Cornelia, - (2019) REPRESENTASI SEMANGAT KEJUANGAN DALAM IKLAN KOPI KAPAL API VERSI “SECANGKIR SEMANGAT BUAT NYATA TUJUANMU” DI TELEVISI (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce). Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
Awal.pdf

Download (562kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (213kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (994kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (865kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (972kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (102kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (319kB)

Abstract

Iklan kopi Kapal Api versi “Secangkir Semangat Buat Nyata Tujuanmu” di televisi ini menarik karena memiliki tema iklan yang berbeda dengan iklan kopi komersial pada umumnya. Iklan kopi lain cenderung mengangkat tema tentang gaya hidup anak muda dan langsung menampilkan keunggulan produk kopinya. Berbeda dengan Kapal Api yang menghadirkan tema “Secangkir Semangat Buat Nyata Tujuanmu”. Hal ini selaras dengan nilai-nilai luhur Kapal Api yang memegang teguh pada penghargaan pada semangat hidup, bangga, dan setia pada solidaritas sosial. Dalam iklan ini banyak menggambarkan tanda dan makna yang menggambarkan semangat dalam berjuang untuk mencapai mimpi mereka masing- masing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui representasi semangat kejuangan yang ada dalam iklan Kapal Api versi “Secangkir Semangat Buat Nyata Tujuanmu” di televisi. Penelitian ini dianalisis menggunakan pendekatan semiotika Charles Sanders Peirce yang menggunakan triangle meaning semiotics dan turunannya yakni sign, object dan interpretant. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat intepretatif untuk menjelaskan makna semangat kejuangan di balik iklan tersebut. Penelitian ini menghasilkan analisis sign, object dan interpretant dari iklan Kapal Api versi “Secangkir Semangat Buat Nyata Tujuanmu”. Kesimpulan dari penelitian ini adalah iklan Kapal Api merepresentasikan nilai semangat kejuangan yang terdapat pada sign yang tergambar pada profesi masing-masing tokoh, object yang ditampilkan dalam setiap kegiatan setiap tokoh ketika berjuang untuk menggapai mimpinya dan interpretant dapat dimengerti dari penggambaran setiap scene dan pada musik latar yang bersemangat, suara voice over yang menggebu-gebu dan grafis “Secangkir Semangat” #buatnyatatujuanmu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: [No. Panggil: 1510411152] [Penguji I: Supratman] [Penguji II: Siti Maryam] [Pembimbing: Kusumajanti]
Uncontrolled Keywords: Representasi, Semangat Kejuangan, Semiotika, Charles Sanders Peirce, Kapal Api.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Hidayah Husnul Khotimah
Date Deposited: 28 Nov 2019 02:36
Last Modified: 28 Nov 2019 02:36
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/3958

Actions (login required)

View Item View Item