PENGARUH TERPAAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT PEMILU TAHUN 2019 TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH (Studi Pada Pemilih Pemula Kota Serang, Provinsi Banten)

Elsa Desgita Fadilla, - (2019) PENGARUH TERPAAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT PEMILU TAHUN 2019 TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH (Studi Pada Pemilih Pemula Kota Serang, Provinsi Banten). Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
Awal.pdf

Download (597kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (199kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (991kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (948kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (914kB)
[img] Text
Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (102kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bagaimana pengaruh terpaan iklan layanan masyarakat Pemilu 2019 terhadap keputusan memilih para pemilih pemula khususnya di Kota Serang, Provinsi Banten. Tujuannya adalah untuk mengukur pengaruh terpaan iklan layanan masyarakat Pemilu tahun 2019 terhadap keputusan memilih para pemilih pemula di Kota Serang, Prov. Banten pada pemilu tahun 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan analisis korelasi Spearman dan analisis koefisien determinasi dengan dikaitkan dengan model AIDA. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan wawancara kepada Bapak Didi Suhardi selaku Kepala Bagian Sosialisasi dan Kampanye KPU RI. Dalam penelitian ini menemukan hasil bahwa iklan layanan masyarakat memberikan kontribusi sebesar 40,577% yang berarti keputusan memilih masyarakat khususnya pemilih pemula dipengaruhi oleh faktor terpaan iklan layanan masyarakat Pemilu 2019 dan terdapat pengaruh yang signifikan antara terpaan iklan layanan masyrakat dan keputusan memilih. Jika dikaitkan dengan model AIDA bahwasannya para pemilih khususnya pemilih pemula yang sedang menyaksikan tayangan iklan layanan masyarakat Pemilu tahun 2019 yang menarik perhatiannya (Attention), karena iklan tersebut bukan hanya menampilkan gambaran Pemilu saja tetapi juga terdapat informasi tentang waktu, undang-undang yang mendasarinya, serta para peserta Pemilu, untuk itu akan timbulah minat (Interest), dari para pemilih pemula untuk menyaksikan dan melihat informasi Pemilu dari tayangan tersebut, setelah menyaksikan dan melihat informasi dari iklan timbul hasrat (Desire) untuk mencari tahu lebih lanjut lagi tentang Pemilu tahun 2019 dengan cara mencari informasi kepada orang sekitar dan mencari dari sumber yang lainnya, kemudian datanglah dorongan serta keputusan untuk melakukan atau tidak melakukan pencoblosan (Action) pada 17 April 2019 untuk Pemilu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: [No. Panggil: 1510411062] [Pembimbing Utama: Supratman] [Pembimbing Pendamping: Ahmad Zakki A]
Uncontrolled Keywords: Pemilihan umum, KPU, pemilu, pemilih pemula, model AIDA.
Subjects: J Political Science > J General legislative and executive papers
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Hidayah Husnul Khotimah
Date Deposited: 28 Nov 2019 01:27
Last Modified: 28 Nov 2019 01:27
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/3850

Actions (login required)

View Item View Item