Indy Ainun Rahma, - (2019) PERBEDAAN PERSEPSI KUALITAS PELAYANAN PASIEN RAWAT JALAN BERDASARKAN METODE PEMBAYARAN DI RSIA BUDHI JAYA. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.
Text
AWAL.pdf Download (640kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (183kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (918kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (989kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (1MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (825kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (904kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (134kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (1MB) |
Abstract
Studi terdahulu menyebutkan bahwa terdapat perbedaan kualitas pelayanan antarpasien yang menggunakan metode pembayaran yang berbeda. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan persepsi pasien rawat jalan RSIA Budhi Jaya terhadap kualitas pelayanan berdasarkan metode pembayaran yang digunakan. Penelitian ini menggunakan desain analitik kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien yang berkunjung ke RSIA Budhi Jaya. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 92 responden yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Uji statistik yang digunakan adalah uji Kruskal Wallis dan Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan persepsi kualitas pelayanan dimensi efisiensi (Pvalue=0,014) dan keamanan (Pvalue = 0,013) secara bermakna pada pasien fee for service, JKN, dan asuransi swasta. Pasien fee for service dan JKN memiliki perbedaan secara signifikan pada dimensi efisiensi (Pvalue =0,005). Pasien fee for service dan JKN memiliki perbedaan secara signifikan pada dimensi keamanan (Pvalue =0,003). Tidak terdapat perbedaan persepsi kualitas pelayanan dimensi efektivitas (Pvalue =0,148), akseptabel (Pvalue =0,126), keterjangkauan (Pvalue = 0,106) dan keadilan (Pvalue =0,120) secara bermakna pada pasien fee for service, JKN, dan asuransi swasta. Diharapkan RSIA Budhi Jaya dapat mengevaluasi kembali efisiensi pelayanan khususnya masalah keterlambatan pemeriksaan dan dapat meningkatkan kebersihan toilet poliklinik agar selalu bersih dan tidak licin.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | [No. Panggil: 1510713014] [Ketua Penguji: Putri Permatasari] [Penguji I: Rafiah Maharani] [Penguji II (Pembimbing): Acim Heri Iswanto] |
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan, Metode Pembayaran, Fee for Service, JKN, Asuransi Swasta |
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Program Studi Kesehatan Masyarakat (S1) |
Depositing User: | Eka Dewi |
Date Deposited: | 27 Nov 2019 04:13 |
Last Modified: | 27 Nov 2019 04:13 |
URI: | http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/3608 |
Actions (login required)
View Item |